Pelaku Curanmor di Parkiran Masjid Ditembak Polisi

Pelaku curanmor di parkiran masjid ditembak Polisi. Ist

Fokusmedan.com : Sempat viral di media sosial (medsos), pelaku pencurian sepedamotor di parkiran masjid berinisial S alias Adek Bayi (31) warga Jalan Ampera V Kelurahan Glugur Darat II, Kecamata Medan Timur ditembak personel Reskrim Polsek Medan Timur.

Kapolsek Medan Timur Kompol Rona Tambunan didampingi Kanit Reskrim Iptu Japri Simamora, Kamis (17/2/2022) mengatakan, penangkapan terhadap pelaku bermula saat petugas menerima laporan dari korban Suyanto (56) warga Jalan Alfalah VI Kelurahan Glugur Darat I, Kecamatan Medan timur yang kehilangan sepedamotor di halaman Masjid Mustaqin Jalan Pasar 3 Kelurahan Glugur Darat I.

“Kamis (27/1) sekira pukul 05.00 WIB, korban yang mengendarai sepedamotor Honda Supra Fit BK 4799 LV, datang ke Masjid Mustaqin untuk melaksanakan Sholat Subuh. Setibanya di lokasi, korban kemudian memarkirkan sepeda motornya di parkiran dengan posisi stang terkunci, lalu korban masuk ke dalam masjid,” ujar Kapolsek.

Sekira pukul 06.10 WIB lanjutnya, korban selesai sholat dan hendak pulang ke rumahnya. Namun korban tidak melihat lagi sepedamotornya di halaman parkir.

Suyanto langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Medan Timur dengan Nomor: LP/65/I/2022/Restabes Medan/Sektor Medan Timur, tanggal 27 Januari 2022.

“Petugas kita yang menerima laporan korban kemudian melakukan cek lokasi. Di masjid petugas juga memutar rekaman CCTV, dan terlihat seorang pria sedang melancarkan aksinya mencuri sepedamotor korban. Setelah itu petugas mengamankan rekaman CCTV untuk dijadikan barang bukti. Aksi pelaku yang terekam CCTV juga sempat viral di medsos,” jelasnya.

Kompol Rona menambahkan, dari hasil penyelidikan di lapangan petugas mengungkap identitas pelaku curanmor berinisial S alias Adek Bayi. Baru-baru ini personel Reskrim mendapat informasi keberadaan pelaku di seputaran pinggiran rel kereta api Jalan Karantina Kelurahan Durian. Mendapat informasi tersebut, Kanit Reskrim bersama anggotanya langsung bergerak ke lokasi.

“Setibanya di lokasi, petugas berhasil membekuk pelaku. Ketika diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya yang mencuri sepedamotor korban. Petugas membawa pelaku untuk pengembangan mencari barang bukti. Tak lama petugaspun berhasil mengamankan sepedamotor korban di kawasan Jalan Bilal Gang Yusuf Kelurahan Pulo Brayan Darat I,” terangnya.

Ditambahkan Kapolsek, petugas membawa pelaku untuk pengembangan mencari tempat pelaku juga pernah melakukan aksi kejahatannya. Namun pelaku melakukan perlawanan dan berupaya melukai petugas sehingga petugas beberapa kali melepaskan tembakan peringatan ke udara namun tak diindahkan pelaku.

“Dengan terpaksa petugas memberikan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kedua kaki pelaku. Selanjutnya pelaku dibawa ke RS Bhayangkara Medan untuk mendapat perawatan medis, setelah itu digelandang ke Mako guna pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya sembari menambahkan pelaku merupakan residivis kasus curanmor.(Rio)