Strategi MIND ID Tekan Emisi Karbon Lewat Dekarbonisasi


Fokus
medan.com
: Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Holding Industri Pertambangan atau Mining Industry Indonesia (MIND ID) telah berkomitmen mencapai target penurunan emisi dari sektor energi dan Industrial Process and Product Uses (IPPU) sebesar 15,8 persen pada 2030 dan mendukung aspirasi net zero emission (NZE) Pemerintah di 2060.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan, program Dekarbonisasi merupakan perwujudan dari salah satu pilar Sustainability Pathway MIND ID yaitu Environment & Climate Change. Upaya ini merupakan kombinasi dari peralihan bahan bakar, efisiensi produksi hingga carbon offset.

“Grup MIND ID memiliki berbagai rencana dan inovasi di kegiatan operasional untuk menekan emisi secara end to end,” kata Dany di Jakarta, Rabu (16/2).

Hal ini berarti berupaya mengurangi atau menekan emisi di setiap aspek dan proses operasional. Anggota MIND ID melakukan efisiensi energi dan menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) melalui inovasi baik di proses penambangan dan pengolahan mineral.

Grup MIND ID mencatat emisi yang dihasilkan Perusahaan dari 2 cakupan, di manacakupan 1 berasal dari penggunaan bahan bakar fosil (batu bara dan marine fuel oil) untuk proses pengolahan, dan bahan bakar diesel untuk kendaraan proyek/alat berat. Untuk cakupan 2 berupa penggunaan listrik yang bersumber dari grid PLN untuk kegiatan operasi dan produksi.

Di 2021, Grup MIND ID menghasilkan emisi dari cakupan 1 dan 2 sebesar 3,335 juta ton CO2e yang bersumber dari Business as Usual (BAU) kegiatan produksi dan operasional pertambangan. Untuk mengurangi emisi GRK Tahun 2021, Grup MIND ID menjalankan beberapa inisiatif dekarbonisasi dan berhasil mencatat pengurangan emisi sebesar 71 ribu ton CO2e atau sebesar 2,13 persen dari emisi BAU kegiatan produksi dan operasional pertambangan.

Menurut Dany, Grup MIND ID juga berupaya menghadirkan energi ramah lingkungan di masyarakat sekaligus bertujuan untuk meningkatkan perekonomian sesuai dengan tujuan SDGs 08 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi dan SDGs 13 yaitu Penanganan Perubahan Iklim dengan membangun PLTS untuk mendukung pertanian masyarakat di Sumatera Selatan.

Upaya menjaga lingkungan juga dilakukan Grup MIND ID melalui implementasi metode pengelolaan limbah yang sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku. Untuk mengatasi timbulan limbah, Anggota MIND ID berupaya memanfaatkan kembali limbah melalui berbagai inovasi.

Selain itu Perusahaan juga bekerja sama dengan entitas pengelola limbah berizin dan tersertifikasi untuk dilakukan stabilisasi/solidifikasi limbah, substitusi bahan bakar dan ditimbun di eco landfill.(yaya)