Diet Militer Diklaim Bisa Turunkan Berat Badan 4,5 Kg Seminggu

Ilustrasi menu diet militer. Ist

Fokusmedan.com : Pernah dengar diet militer? Kabarnya bisa menurunkan berat badan hingga 4,5 kilogram (kg) seminggu lho.

Mengutip dari Healthline di laman detikcom, apa itu diet militer tidak ada kaitannya dengan militer tapi sering disebut sebagai cara menurunkan berat badan yang cepat. Diet militer akan mendorong pembatasan kalori selama 3 hari.

Kemudian diet militer juga perlu mengikuti satu set menu rendah kalori diikuti dengan periode pemberian makan tanpa batas. Cara diet militer tanpa mengonsumsi suplemen apa pun atau membayar biaya atau langganan apa pun.

Jika ditanya apa itu diet militer maka diet militer sering disebut diet 3 hari. Diet militer merupakan diet penurunan berat badan jangka pendek dan cepat yang mengklaim dapat membantumu menurunkan berat badan hingga 4,5 kg dalam seminggu.

Rencana diet militer hanya dilakukan selama 3 hari dengan makan kalori terbatas diikuti 4 hari libur. Pengikut diet militer perlu mengulangi siklus diet militer mingguan hingga satu bulan atau sampai mencapai berat ideal tujuanmu.

Karena mengikuti pembatasan kalori, diet militer juga termasuk bentuk intermittent fasting. Diet intermittent fasting ditandai dengan pergeseran antara periode pengurangan asupan kalori dan pemberian makan yang tidak dibatasi.

Meski demikian, kamu bisa makan apa pun yang diinginkan selama libur 4 hari. Diet tersebut mendorong orang mengikuti rencana makan yang tidak terlalu dibatasi tapi telah ditetapkan selama beberapa hari saat menurunkan berat badan.

Diet militer selama 3 hari dibagi menjadi 2 tahap dalam satu minggu. Diet militer perlu mengonsumsi sejumlah makanan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam selama 3 hari pertama, tanpa camilan di antara waktu makan.

Selama fase ini saat diet militer, total asupan kalori menjadi sekitar 1.100 sampai 1.400 kalori per hari. Menjadikannya diet rendah kalori karena didefinisikan sebagai pola diet yang menyediakan 800 sampai 1.200 kalori per hari.

Untuk memastikan keselamatanmu dan asupan nutrisi yang memadai, kamu tidak boleh mengejar tingkat pembatasan kalori yang diperlukan dalam diet militer tanpa rekomendasi atau pengawasan profesional medis.

Selama 4 hari tersisa dalam seminggu, diet militer hanya mendorong orang untuk mengikuti diet seimbang. Meski bebas memilih makanan namun kamu juga perlu membatasi kalori.

Apa itu diet militer dan bagaimana cara mengatur pola makannya? Kamu perlu menyiapkan paket makanan selama tiga hari saat diet militer, untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Contoh makanan sarapan saat diet militer antara lain:

• roti panggang atau biskuit asin
• selai kacang
• jeruk bali, apel, atau pisang
• telur rebus atau keju cheddar

Contoh pilihan makan siang diet militer meliputi:
• roti panggang atau biskuit asin
• ikan tuna, telur rebus, atau keju cottage

Contoh pilihan makan malam meliputi:
• semua jenis daging, hot dog tanpa roti, atau tuna kaleng
• kacang hijau, wortel, atau brokoli
• apel atau pisang
• es krim rasa vanilla

Dalam diet militer memang tidak banyak variasi selama 3 hari pertama diet. Kamu perlu mengurangi asupan makanan dari hari pertama sampai ketiga.

Asupan kalori totalmu mulai sekitar 1.400 kalori pada hari pertama. Kemudian harus turun menjadi sekitar 1.100 kalori saat hari terakhir.

Mengenai minuman yang diizinkan, diet militer mempromosikan air putih saja atau teh herbal. Namun kopi atau teh berkafein bisa tetap dikonsumsi maksimal dua kali sehari. Hindari krim dan pemanis.

Secara teori, tidak ada aturan untuk sisa 4 hari diet militer selain mengikuti pola makan yang sehat. Namun menu 1.500 kalori yang tidak terlalu ketat disarankan bagi mereka yang berharap dapat mempercepat penurunan berat badan.

Misalnya, makanan ringan diizinkan selama 4 hari ini tapi dianjurkan untuk membatasi ukuran porsimu. Perlu diingat bahwa makan 1.500 kalori per hari masih merupakan pembatasan kalori yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan energi setiap orang.

Itulah mengapa kamu butuh pantauan dari tenaga profesional.

Apa itu diet militer dan mengapa menjadi populer? Itu karena diet militer diklaim bisa menurunkan berat badan 4,5 kg dalam seminggu. Benarkah hal tersebut?

Setiap orang berbeda-beda sehingga diet militer tidak akan memiliki efek yang sama pada setiap orang. Sebagian besar penurunan berat badan akan disebabkan oleh hilangnya air.

Itu karena pembatasan kalori yang parah saat diet militer sehingga menyebabkan penurunan simpanan glikogen tubuh (cadangan energi tubuh). Karena saat kamu makan kalori yang cukup, cairan menumpuk dengan mudah karena 3 gram air disimpan untuk setiap gram glikogen.

Akibatnya, ketika simpanan glikogenmu habis, air yang tersimpan juga hilang. Dengan demikian, pergeseran keseimbangan air inilah yang menyebabkan penurunan berat badan.

Kamu akan sangat mungkin dengan mudah mendapatkan berat badan yang hilang begitu kembali ke pola makan biasa dan simpanan glikogen terisi kembali. Jika kamu berniat menurunkan berat badan, ingatlah bahwa manajemen berat badan terdiri dari dua tahap, yaitu mencapai penurunan berat ideal dan mempertahankannya.

Meskipun kamu mungkin kehilangan 4,5 kg dalam seminggu dengan diet militer, tidak semua orang akan melakukannya. Karena sebagian besar dari ini adalah berat air daripada lemak yang akan kamu dapatkan kembali saa mulai makan seperti biasa.(ng)