27/04/2024 10:06
GAYA HIDUP & KESEHATAN

Begini Cara Mencegah Reinfeksi Covid-19

Fokusmedan.com : Di tengah penyebaran virus corona varian Omicron, banyak orang mengalami reinfeksi Covid-19. Terdapat sejumlah cara mencegah reinfeksi Covid-19.

Reinfeksi Covid-19 adalah kondisi yang terjadi saat seseorang yang pernah terinfeksi virus corona, lalu sembuh, dan kemudian terinfeksi lagi setelah beberapa waktu.

Para ahli masih terus meneliti terkait reinfeksi Covid-19. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan sedang melakukan studi terkait seberapa sering reinfeksi terjadi, orang berisiko lebih tinggi terinfeksi ulang, seberapa cepat reinfeksi ulang terjadi, tingkat keparahan reinfeksi, dan risiko penularan dari orang yang terinfeksi ke orang lain.

Anda bisa melindungi diri dari reinfeksi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan juga melakukan sejumlah langkah.

Berikut cara mencegah reinfeksi Covid-19 dikutip dari CNNIndonesia.com, Sabtu (5/2/2021) :

1. Vaksinasi lengkap dan booster
Setiap orang direkomendasikan untuk segera mendapatkan vaksinasi dosis lengkap ditambah dengan dosis ketiga atau vaksin booster. Studi menunjukkan vaksinasi Covid-19 dapat mencegah penularan dan mengurangi keparahan gejala Covid-19.

2. Gunakan masker proteksi terbaik
Orang yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 tetap harus memakai masker untuk mencegah reinfeksi. Gunakan masker dengan proteksi terbaik seperti N95 dan KN95. Proteksi masker ini lebih baik daripada masker bedah. Proteksi masker bedah juga lebih baik daripada masker kain.

3. Menjaga jarak
Selalu menjaga jarak dengan ornag lain minimal 2 meter. Berada terlalu dekat dapat meningkatkan risiko infeksu ulang.

4. Hindari keramaian
Sebisa mungkin tetap beraktivitas dari rumah. Jika keluar rumah, hindari berada di keramaian.

5. Ruangan dengan sirkulasi udara
Pastikan Anda selalu berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Misalnya memiliki ventilasi, jendela, dan sebagainya.

6. Mencuci tangan
Selalu rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Pasalnya, virus corona dapat hinggap di tangan dan masuk ke dalam tubuh.

7. Menjaga daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi ulang. Oleh karena itu, selalu jaga daya tahan tubuh Anda. Daya tahan tubuh bisa ditingkatkan dengan asupan makanan bergizi, tidur yang cukup, mengelola stres, dan olahrraga teratur.(ng)