20/04/2024 19:23
NASIONAL

Begini Cara dan Syarat Membuat Akun Kartu Prakerja Beserta Manfaatnya


Fokus
medan.com
: Program Kartu Prakerja kembali telah membuka proses pembuatan akun untuk calon penerima Kartu Prakerja yang hanya bisa dilakukan melalui satu cara, yakni lewat website www.prakerja.go.id.

“Silakan Sobat Prakerja membuat akun, sembari menunggu pengumuman pembukaan Gelombang 23,” kata Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Hengki Sihombing dalam pernyataan diterima merdeka.com, Sabtu (5/2).

Dengan membuat akun sebelum pembukaan gelombang, para calon peserta Kartu Prakerja akan memiliki kemudahan dalam proses pendaftaran selanjutnya, dan dapat menikmati berbagai fitur di dashboard pribadi Kartu Prakerja mereka.

“Pada saatnya nanti Gelombang 23 dibuka, Sobat Prakerja yang telah memiliki akun tinggal klik ‘Gabung Gelombang’ untuk mengikuti seleksi, tanpa harus lagi mengisi kelengkapan administrasi serta rangkaian tes awal,” tambah Hengki yang juga merangkap sebagai Direktur Teknologi Manajemen Pelaksana.

Untuk informasi mengenai pembukaan gelombang, Sobat Prakerja dapat mengikuti updatenya di akun Instagram resmi Kartu Prakerja yakni @prakerja.go.id.

Selain itu, dengan memiliki akun dan masuk ke dashboard prakerja.go.id, Sobat Prakerja juga bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti Rekomendasi Pekerjaan dan Pencarian Lowongan Pekerjaan.

“Fitur itu bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang sudah memiliki akun Prakerja, baik yang sudah menjadi penerima program maupun yang berstatus sebagai calon penerima,” kata pria yang sudah malang melintang selama 15 tahun di dunia startup.

Waspada Situs Palsu

Dalam kesempatan ini, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja melalui Kepala Divisi Hukum Kartu Prakerja, Gabriel Mukuan mengingatkan Sobat Prakerja agar berhati-hati terhadap situs palsu maupun tautan apapun yang mengatasnamakan Program Kartu Prakerja.

Beberapa saat terakhir, muncul tautan dan form ‘liar’ pendaftaran Program Kartu Prakerja yang muncul di berbagai percakapan telepon maupun berbagai media, misalnya yang mengatasnamakan UKM Sinergi dan Solusi Edukasi.

Pembuatan akun calon peserta Program Kartu Prakerja hanya bisa dilakukan di situs resmi www.prakerja.go.id. Situs atau tautan lain yang meminta peserta mengisi data pribadi sudah pasti sebuah penipuan.

“Tidak ada kanal lain. Jika situs atau tautan selain www.prakerja.go.id diisi, data pribadi Sobat bisa dicuri dan disalahgunakan,” tegas Gabriel.

Syarat Membuat Akun Kartu Prakerja

Jika Anda ingin membuat akun Kartu Prakerja, berikut ini persyaratan yang wajib dipenuhi:

– WNI berusia 18 tahun ke atas.

– Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

– Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

– Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.

– Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

– Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Buat Akun Pekerja

Membuat akun Prakerja bagi masyarakat yang sebelumnya belum memiliki akun, dirangkum dari situs Kartu Prakerja:

– Membuat akun di situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

– Masukkan alamat email dan password, kemudian klik Daftar.

– Buka e-mail notifikasi yang dikirimkan kepada email yang didaftarkan pada situs Prakerja dan melakukan verifikasi.

– Jika sudah melakukan verifikasi, maka pendaftaran berhasil dan Anda bisa melanjutkan ke proses pendaftaran.

Saat ini, Gelombang 23 Kartu Prakerja 2022 belum dibuka, karenanya masyarakat diimbau berhati-hati dengan tautan atau situs palsu yang mengatasnamakan Kartu Prakerja.(yaya)