Dirjen IKP Kemenkominfo dan Ketum PERHUMAS : Orkestrasi Komunikasi KTT G20 Penting Dilakukan


Fokus
medan.com
: Perhimpunan Hubungan Masyarakat Humas Indonesia (PERHUMAS) dan organisasi serumpun melihat pentingnyaorkestrasi komunikasi dan penyampaian pesan-pesan positif perhelatan akbar KTT G20 di Indonesia.

Peran strategis komunikasi media dan nation branding menjadi fokus utamadalam perencanaan kolaborasi lintas organisasi serumpun untukturut mendorong pemulihan pada sektor ekonomi dan sektorkesehatan Indonesia yang bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Penegasan ini disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong dan Ketua Umum PERHUMAS Boy Kelana Soebroto dalam pertemuan daring yang diselenggarakan PERHUMAS bersama dengan organisasi serumpun, Selasa (2/2).

“Aspek komunikasi merupakan salah satu poin krusial pentingnya bagi negara kita dalam presidensi KTT G20 ini. Bagaimana kita bisa mengajak seluruh masyarakat yang dalamhal ini adalah bagian dari tuan rumah Forum Internasional G20 untuk meningkatkan pengetahuan, mewujudkan rasa memiliki, dilanjutkan dengan partisipasi aktif oleh rakyat Indonesia itusendiri. Demikian ditegaskan Usman Kansong dalam arahannya.

Sementara Ketua Umum PERHUMAS Boy Kelana, menyatakan PERHUMAS melihat peran penting aspek komunikasi dan penyampian pesan-pesan yang positif dari keberadaan KTT G20 ini untuk digaungkan dan diorkestrasi dengan baik pula olehseluruh organisasi komunikasi serumpun agar lebih berdampak dan menjadi sumbangsih bersama yang lebih nyata,” ungkapWakil Ketua Umum PERHUMAS, Saurma MGP Siahaan, yang turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan itu juga diikuti ASEAN Public Relations Network (APRN), Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi(ASPIKOM), Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI), Himpunan Humas Hotel (H3) Jakarta, Ikatan PranataHumas Indonesia (IPRAHUMAS), Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), Perhimpunan Humas Rumah Sakit Indonesia (PERHUMASRI) dan Forum Humas BUMN.

Dijelaskan Boy, sebut Saurma, sejalan dengan semangat G20 dengan tema “Recover Together, Recover Stronger” kolaborasiPERHUMAS dengan organisasi serumpun lainnya menjadi wujud semangat nyata untuk menyuarakan narasi hal-hal baiknan konstruktif tentang Indonesia. Indonesia telah didaulat sebagai tuan rumah gelaran konferensi tingkat internasional G20 yang menjadi ajang penting pertemuan para pemimpin negara anggota.

Berangkat dari pentingnya presidensi Indonesia dalamG20, seluruh elemen bangsa termasuk PERHUMAS beserta organisasi serumpun lainnya yang bergerak di bidang kehumasan serta komunikasi turut ambil bagian dalam persiapan menuju kesuksesan forum G20 yang secara langsung bisa menaikkan reputasi serta pemulihan ekonomi dan kesehatan Infonesia.

Pertemuan tersebut disepakati sebagai pertemuan perdana danakan ditindaklanjuti segera untuk melaksanakan aksi nyata sebagai bentuk dukungan lepada reputasi nasional.(til)