1 Orang Tewas Usai Terjebak Kepulan Asap Rumah Terbakar di Sunggal

Rumah permanen di kawasan Jalan Seroja, Kecamatan Medan Sunggal yang terbakar. Ist

Fokusmedan.com : Satu orang dilaporkan tewas dalam insiden kebakaran yang melanda rumah permanen di kawasan Jalan Seroja, Kecamatan Medan Sunggal, Rabu (2/2/2022).

Dari informasi yang diperoleh adapun rumah permanen dua lantai itu digunakan pemilik sebagai tempat usaha menjual sembako, gas elpiji dan bahan bakar minyak (BBM) eceran. Juga sekaligus digunakan pemilik rumah sebagai tempat tinggal.

Pihak pemadam kebakaran (Damkar) Kota Medan yang menerima informasi sekira pukul 08.30 WIB menerjunkan sebanyak enam unit mobil Damkar ke lokasi untuk memadamkan api yang telah membakar lantai satu rumah tersebut.

Hingga petugas berhasil memadamkan api dan mengevakuasi salah seorang anggota keluarga pemilik rumah tersebut terjebak di lantai dua. Nahas, saat ditemukan korban berjenis kelamin laki-laki yang merupakan anak dari pemilik rumah tersebut tewas di dalam kamar mandi.

Kepala Dinas Damkar Kota Medan Albon Sidauruk menyebut bahwa dari hasil penyelidikan sementara pihaknya menduga korban tewas setelah sulit bernafas usai kepulan asap memenuhi rumah setelah api membakar sejumlah material.

“Jadi korban meninggal bukan karena terbakar tapi kemungkinan susah bernafas akibat asap,” ungkapnya saat dikonfirmasi RRI Medan.

Sementara itu dari hasil pemeriksaan sejumlah saksi penyebab kebakaran dipicu BBM eceran. Korban yang saat itu tengah mengisi BBM eceran ke dalam kemasan botol air mineral ukuran 1,5 liter.

Albon mengatakan sejumlah masyarakat melihat api telah membakar lantai satu rumah tersebut. Kendati, korban yang panik kemudian lari bersembunyi di lantai dua tepatnya di kamar mandi.

“Warga juga udah sempat mengingatkan dia untuk lompat dari lantai dua, tapi korban malah lari bersembunyi di kamar mandi,” ujarnya.

Akibat dari insiden itu, Albon mengaku pihaknya bersama kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab pasti kebakaran dan kerugian materi yang dialami.

“Korban sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat,” pungkasnya.(Rio)