Sinergi Bagi Negeri, Honda Tingkatkan Kompetensi Guru SMK Sumatera Utara


Fokus
medan.com
: Komitmen sinergi bagi negeri kembali ditunjukkan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) melalui aktivitas berbagi ilmu teknologi terbaru motor Honda kepada dunia pendidikan bertajuk “ Sertifikasi Guru Level Bronze ” yang berlangsung pada 26 Januari 2022. Bertempat di Indako Development Center (IDC) Jl. Adam Malik Medan, pelatihan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ini diikuti oleh sejumlah guru SMK Mitra Binaan AHM se- Sumut yang menerapkan Kurikulum SMK TBSM Astra Honda.

Pada kegiatan ini, para instruktur Technical Service Honda memberikan beragam materi mengenai perkembangan teknologi sepeda motor Honda kepada para guru. Antusias luar biasa juga ditunjukkan para guru SMK Mitra Binaan AHM yang berasal dari kota Medan dan Sri Langkat ini pada setiap materi yang disajikan..

Sebelum pelatihan, para guru terlebih dahulu mengikuti pre tes sebagai tolok ukur awal kompetensi guru. Tidak hanya itu, setelah pelatihan, pemahaman guru juga diuji sesuai standar kompetensi yang ditetapkan guna mendapatkan sertifikat sebelum nantinya mereka menyampaikan ilmu yang diperoleh kepada para anak didiknya.

Aktivitas pengayaan dan pendalaman pengetahuan otomotif bagi guru SMK Mitra Binaan AHM ini juga menghadirkan beragam teknologi motor Honda juga berhasil dilahap para guru dalam pelatihan kali ini. Dimana pelatihan memfokuskan pada 5 poin penilaian, diantaranya Materi General ( Identifikasi alat Ukur ), Engine, Electrical, Fuel System ( PGM-FI ) & Chasis.

Muhammad Ika Syahputra salah seorang guru yang berasal dari SMK Sri Langkat mengatakan, pelatihan yang diberikan Honda tentunya akan sangat bermanfaat dalam mendukung tugas mereka sebagai tenaga ajar para generasi penerus bangsa. Menurutnya dengan kompetensi yang mumpuni, tentunya proses belajar mengajar para guru SMK akan menghasilkan kualitas yang lebih baik.

Feri Panji, Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy mengungkapkan, bahwa perkembangan teknologi motor yang pesat perlu diimbangi dengan kecepatan pengembangan kompetensi di dunia pendidikan maupun industri. Menurutnya pelatihan yang diberikan bagi para guru SMK Mitra Binaan AHM ini merupakan salah satu terobosan Honda dalam berinovasi terkait penerapan sistem pendidikan link and match antara industri dan dunia kerja, serta menjaga komitmen dalam membangun tenaga pengajar unggul di bidang vokasi.

“ Dengan semangat Satu Hati, Honda ingin tetap hadir dan berperan aktif mengembangkan dunia vokasi di Sumatera Utara. Honda juga berharap pelatihan yang dilaksanakan bagi guru-guru di SMK Mitra Binaan AHM ini dapat mendukung terciptanya pendidikan vokasi yang lebih baik dengan melahirkan lulusan SMK Sumatera Utara yang bermutu dan kompetitif, “ “ ujar Feri Panji.(ril)