2022, USU Bakal Terima 7.150 Mahasiswa Baru

USU bakal terima 7.150 mahasiswa baru di 2022. Ist

Fokusmedan.com : Universitas Sumatera Utara (USU) mengaku akan menyediakan 7.150 kursi bagi mahasiswa baru pada 2022.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor I USU, Edy Ikhsan saat melakukan kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022.

Edy Ikhsan mengatakan, semua kursi mahasiswa baru akan diterima lewat tiga jalur.

“Yaitu, lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM), dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD),” katanya dikutip Kompas.com dari laman USU, Kamis (27/1/2022).

Dia menjelaskan, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan pedoman dan panduan terkait pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru bagi perguruan tinggi negeri tahun 2022.

“Dalam pedoman tersebut, LTMPT telah menetapkan model tes dan seleksi calon mahasiswa baru yang mengacu pada prinsip-prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel,” ucap dia.

Menurut dia, pengembangan model proses seleksi disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan era digitalisasi melalui UTBK.

Lalu, untuk meningkatkan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru.
Maka dari itu, sebut dia, sosialisasi penerimaan mahasiswa baru penting dilakukan.

Hal itu berguna untuk menghindari informasi yang salah, keterlambatan dalam memasukkan data peserta didik, serta kekeliruan dalam mengisi format pendaftaran seleksi yang tersedia.

“Sehingga para calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar melalui jalur SNMPTN dapat terhindar dari risiko keterlambatan,” ungkap dia.

Selain itu, para kepala sekolah juga diharapkan dapat melakukan pengawasan terhadap sejumlah dateline atau batas tanggal-tanggal penting yang harus ditepati.

Seperti Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), pendaftaran SNMPTN, dan pendaftaran UTBK-SBMPTN.

“Sosialisasi akan membantu para kepala sekolah dalam melaksanakan perannya dengan maksimal dan membantu meningkatkan jumlah peserta didiknya yang mendaftar dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru USU jalur SNMPTN 2022,” tukas dia.(ng)