Mahasiswa Jerman Tembak Mati Temannya Lalu Bunuh Diri di Ruang Kuliah


Fokus
medan.com
: Seorang mahasiswa, berusia 18 tahun, jurusan biologi melepaskan tembakan di ruang kuliah di Universitas Heidelberg Jerman kemarin hingga menewaskan satu mahasiswa dan melukai tiga lainnya sebelum menembak mati dirinya sendiri, kata pejabat berwenang.

Kepala Kepolisian Mannheim Siegfried Kollmar mengungkapkan, pelaku ditemukan bersama 100 butir peluru cadangan di tasnya dan belum diketahui pasti mengapa ia menghentikan aksinya tersebut. Petugas yakin ia bertindak sendirian.

Petugas kepolisian lantas melacak rumahnya di Mannheim, di Jerman barat daya, namun terlalu dini untuk menetapkan motif pelaku, kata jaksa setempat saat konferensi pers, seperti dilansir laman Antara mengutip Reuters, Selasa (25/1).

Pelaku membeli dua senjata, termasuk senapan gentel di luar negeri namun tidak memiliki surat izin, kata Kollmar.

“Tersangka tidak mempunyai SIM dan surat izin kepemilikan senjata. Ini menjadikannya kasus yang sangat tidak biasa,” katanya.

Kollmar memastikan bahwa tersangka pelaku penembakan tersebut adalah mahasiswa.

Menurut jaksa, tersangka sebelumnya tidak mempunyai catatan kriminal di Jerman.

Menteri Dalam Negeri Negara Bagian Baden-Wuerttemberg Thomas Strobl saat konferensi pers mengatakan satu dari empat mahasiswa yang terluka, yakni perempuan berusia 23 tahun, meninggal akibat luka yang dialaminya.

Tiga mahasiswa lainnya menderita luka ringan, katanya.

Kollmar menyebutkan 29 saksi mata di lokasi kejadian memberi tahu petugas bahwa “hanya satu orang yang masuk (ke ruang kuliah), menembak dan kemudian pergi, dan tidak ada orang lain yang terlihat.”

Juru bicara kepolisian mengatakan kepada Reuters bahwa pelaku meninggalkan ruangan sebelum melepaskan tembakan ke dirinya sendiri.

Heidelberg merupakan universitas tertua di Jerman yang dibangun pada 1386.(yaya)