Ketum PDRI Pusat Lantik DPD Sumut


Fokus
medan.com
: Ketua Umum Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI, Sri Sumaryanti Budhisanthoso melantik Ketua DPD Sumut, Dahliana Sinulingga beserta pengurus periode 2020-2025. di Hotel Grand Ina Dharma Deli.

Selain itu turut dilantik enam DPC PDRI di Sumut dikukuhkan masing-masing, PDRI Medan, Deliserdang, Tebing Tinggi, Batubara, Asahan dan Kota Binjai.

Sri Sumaryanti Budhisanthoso mengharapkan agar para pengurus yang dilantik ini, aktif dalam meningkatkan partisipasi perempuan dalam segala bidang baik idiologi, sosial, politik, hukum, ekonomi, kebudayaan, pendidikan, kesehatan.

“Saling bergandeng tangan bahu membahu dengan DPD Partai Demokrat,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (25/1/2022).

Sebagai wadah organisasi perempuan, lanjutnya, diharapkan bisa sukses dan dapat memberdayakan perempuan-perempuan di Sumatera Utara, agar mandiri dan pantas diteladani masyarakat sekitar.

Ia menambahkan dalam waktu yang singkat PDRI diberikan kesempatan menghimpun 50 orang calon legislatif DPRD RI seluruh Indonesia. Karena PDRI diharapkan untuk mempersiapkan segala sesuatu, dan tentang pentingnya perempuan duduk di legislatif.

Dengan suara perempuan akan didengarkan dan menggolkan tujuan-tujuan perenpaun dalam kehidupan bermasyarakat. “Jadi kami berusaha memberikan pelatihan, politik mengenai apa itu legislatif, dan segala sesuatu mengenai pemerintah, dengan pembekalan,” ujarnya.

Selain itu, membantu meningkatkan kebutuhan keluarga dengan meningkatkan taraf hidup ini salah satunya, dengan menggalakkan usaha kecil menengah.

Sementara Dahliana Sinulingga dalam kesempatan tersebut menyebutkan, pihaknya akan berupaya untuk meingkatkan kesejahteraan, kemandirian perempuan dalam menyampaikan aspirasi dan pendapatnya.

Selain itu, pihaknya juga menargetkan di tahun ini, akan terus menambah cabang hingga PDRI bisa tumbuh di seluruh kabupaten/kota di Sumut.

“Insyaallah akan terus bertambah hingga ke seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara,” ujarnya dan kedepan akan secepatnya melakukan konsolidasi dan sosialisasi .

Sementara Ketua PDRI Asahan, Lela Sari Sinaga, dengan membentuk ranting-ranting di setiap kecamatan, membuat sosilisasi, karena sebagain sudah ada ranting dan menjalankan program kerja.”KIta sudah banyak kegiatan, seperti tahun lalu, kita adakan acara berbagi dan buka puasa bersama untuk wanita jompo di Kabupaten Asahan. Kemarin kita juga ada membina wanita-wanita single parent, untuk mengembangkan umkm untuk menambah penghasilan,” ungkapnya.

Kedepannya ini akan terus dikembangkan. selain itu juga akan mengembangkan untuk program perlindungan perempuan. Karena banyak kasus pelecehan terhadap perempuan.

Untuk Batubara, Ketua PDRI Batubara, Sri Wahyuni dengan letak wikayahnya di pesisir, maka banyak perempuan melakukan pengembangan di pantai seperti membuat kerajinan dengan baban baku yang diapat dari laut. sehingga bisa menambah penghasilan para ibu. Kaena pesisir, ekonominya sulit.

“Tantagan perekoniam ini menjadi tantangan untuk diperbaiki, sehingga mereka menjadi mandiri. Kita juga yang memberikan pendampingan bagi masyarakat pesisir,” imbuhnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PD Pertama, Budhi Santosho, Sekjen PDRI, Ketua PD Sumut demisioner, Heri Zulkarnaen, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumut.(dar)