Dilantik Sebagai Waketum BPP Perhumas Indonesia, Saurma MGP Siahaan: Siap Menjalankan Amanah


Fokus
medan.com
: Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Perhimpunan Hubungan Masyarakat (BPP PERHUMAS) Indonesia Boy Kelana Soebroto melantik sejumlah pengurus untuk periode 2022-2025 di Ballroom Mandarin Oriental Hotel Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Pelantikan ini merupakan lanjutan dari hasil Musyawarah Nasional (Munas) PERHUMAS Indonesia pada Desember 2021 lalu.

“Sebagai salah satu dari komponen bangsa, PERHUMAS juga ikut ambil bagian untuk mensukseskan pertemuan G20 melalui kegiatan “Indonesia Bicara Baik” yang dapat menunjukkan kepada masyarakat dalam negeri dan juga komunitas internasional hal-hal yang baik sehingga Indonesia mampu menjadi masyarakat yang menularkan energi positif dan kebaikan,” sebutnya.

Selain itu, lanjutnya, PERHUMAS harus menjadi tempat belajar bersama bagi seluruh praktisi humas di Indonesia melalui kebersamaan dan kolaborasi untuk menjawab tantangan global yang semakin kompleks dan memunculkan ketidakpastian dalam berbagai bidang.

“PERHUMAS harus menjadi barometer humas Indonesia. Selain itu kompetensi kita harus terus berkembang karena tantangan yang semakin kompleks ke depannya,” ujarnya.

Sementara itu, Saurma MGP Siahaan yang dilantik sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) BPP PERHUMAS Indonesia menyampaikan, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menempati posisi tersebut.

“Saya berharap saya dapat menjalankan amanah ini dengan baik dan semoga mendapat dukungan dari berbagai pihak. Hal ini juga berkat bimbingan dari Ketua Dewan Penasehat Gus Irawan Pasaribu dan Gardjito Heru serta pembina dan penasehat lainnya,” ujarnya.

Untuk diketahui, semasa kepemimpinan Saurma di BPC PERHUMAS Medan pernah meraih Anugerah PERHUMAS katagori “Contributing Service”.

BPC PERHUMAS Medan juga melaksanakan MoU dengan 10 kampus di Sumut serta berbagai stakeholder lainnya.

Selanjutnya, bersama PERHUMAS Muda Medan dengan dukungan para sponsor termasuk Coca Cola Enterpreuner Partnership Indonesia melaksanakan kegiatan Perhumas Muda Medan Public Relations Talk Series (PMM PRTS) selama setahun.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong di kesempatan itu juga mengajak PERHUMAS berkontribusi aktif dan memberikan sumbangan pemikiran yang progresif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pertemuan forum multirateral G20, dimana Indonesia menjadi tuan rumah sehingga dapat mensukseskan posisi “Nation Branding” lebih baik.

“Kita tunjukan pada dunia bahwa kita bisa menjadi tuan rumah yang baik. Lebih baik dari pertemuan yang dijalankan sebelumnya. Kita ingin pertemuan G20 menjadi milik masyarakat juga,” katanya. Usman Kansong berharap peran aktif PERHUMAS untuk mendorong masyarakat mengikuti vaksin ataupun booster untuk menjaga imunitas bersama. “Kita berharap tahun ini menjadi tahun terakhir pandemi,” ujar Usman.

Sementara mewakili Ketua Dewan Kehormatan Prita Kemal Gani menyatakan Indonesia harus berperan menjadi humas di ASEAN dan dunia internasional melalui kampanye Indonesia bicara baik. Terlebih di masa krisis saat ini. Menurutnya, kerjasama dan kolaborasi menjadi keharusan karena, tidak ada orang sakti dimana pun sehingga perlu menggalang kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk praktisi humas di mana pun berada.

Turut hadir dalam pelantikan ini yakni, pendiri sekaligus Dewan Kehormatan Prof. Muhammad Alwi Dahlan, Bapak Ilmu Komunikasi Indonesia bersama Dewan Kehormatan Muslim Basya, MBA (Chairman, Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia) (LSPPRI)); Dr. Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR (Founder & CEO, LSPR Communications & Business Institute); Prof. Muhammad Alwi Dahlan (Bapak Ilmu Komunikasi Indonesia); Prof. Dr. Widodo Muktiyo (Staf Ahli Menteri (SAM), Kementerian Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi dan Media Massa) serta Mohd. Agung Laksamana, M.Sc, Hon. FAPR (Executive Vice President, PT Freeport Indonesia).

Dewan Penasihat Suryopratomo (Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura); Usman Kansong (Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia); Arsyad Rasyid (Ketua Umum, KADIN); Billy Boen (Founder, Young on Top & Partner Kejora Capital); Veronica Ken Adiani Windoe (Brand Expert); Asmono Wikan (CEO & Founder, Majalah PR Indonesia/Dewan Pers); Heri Rakhmadi (CEO & Founder, Bamboedoea).(ril)