18/04/2024 7:31
EKONOMI & BISNIS

1.400 Karyawan KB Bukopin Mengundurkan Diri Massal

30 persen dari total karyawan KB Bukopin mengundurkan diri. Ist

Fokusmedan.com : Sebanyak 1.400 karyawan PT Bank KB BukopinĀ Tbk mengundurkan diri per Desember 2021.

Corporate Communication KB Bukopin Tyas Hardi menuturkan, pengunduran diri sekitar 30 persenan dari total karyawan KB Bukopin tersebut terkait dengan program transformasi perusahaan yang turut menyasar SDM (human capital) perseroan.

Pemangkasan dilakukan sesuai dengan visi transformasi core banking KB Bukopin usai diakuisisi oleh KB Kookmin Bank, yang salah satunya merupakan transformasi teknologi menuju New Generation Banking System (NGBS).

Namun begitu, ia menampik bahwa program merupakan imbas dari adopsi teknologi perusahaan.

Dia mengklaim bahwa kepesertaan program dibuka secara sukarela dan berlaku untuk seluruh karyawan KB Bukopin di seluruh Indonesia.

“Perusahaan mengeluarkan program sukarela, tidak ada paksaan, tidak ada penunjukan langsung, open to all karyawan Bukopin,” katanya dikutip CNNIndonesia.com, Minggu (23/1/2022).

Walau tak bisa menyebutkan angka pastinya, namun Tyas memastikan pihaknya memberikan seluruh hak karyawan sesuai aturan. Bahkan, menurut dia, karyawan yang sukarela mengundurkan diri mendapat pesangon lebih dari aturan pemerintah.

Selain itu, ia menjamin eks karyawan dan keluarga masih bisa menikmati fasilitas asuransi kesehatan hingga 6 bulan ke depan.

Ia menambahkan bahwa perseroan turut memberikan pelatihan skill manajerial dan penjurusan lainnya untuk karyawan yang ingin banting setir ke sektor lain.

“Pada akhirnya transformasi sampai pada aspek human capital,” imbuhnya.(ng)