Antisipasi Omicorn, 6 Kru Kapal Diisolasi


Fokus
medan.com
: Enam kru kapal yang sebelumnya melakukan perjalanan dari India dan bersandar di Sumut  pada Jumat (14/1/2022) lalu diisolasi ke Rumah Sakit Royal Prima.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr Aris Yudariansyah menyampaikan, dari hasil pemeriksaan swab ke enam orang ini juga terkonfirmasi positif Covid-19.

“Keenamnya saat ini sudah dirawat di RS Royal Prima Medan. Hasil pemeriksaan swab mereka positif Covid-19,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran omicorn di Provinsi Sumut, hasil swab keenamnya, sudah dikirim ke BTKLPP Medan untuk selanjutnya dikirim ke laboratorium guna dilakukan pemeriksaan terhadap S-gene Target Failure (SGTF) maupun Whole Genome Sequencing (WGS). Hal ini untuk memastikan, apakah varian Covid-19 yang menginfeksi keenamnya merupakan varian omicorn atau tidak.

“Jadi belum bisa kita pastikan apakah mereka (terkena) omicorn atau tidak,” jelasnya.

Disinggung mengenai kondisi terkini keenam kru kapal, Aris mengaku belum mendapatkan informasi lanjut. Namun karena belum ada laporan, imbuh Aris, bisa saja keenam pasien saat ini dalam kondisi baik.

“Coba cek ke Royal Prima, sepertinya (kondisinya) ringan,” sebutnya.

Ia menjelaskan,, pemeriksaan yang dilakukan terhadap keenam kru kapal ini dilakukan pada Senin (17/1) pukul 11.00 WIB dengan hasil yang didapatkan pada pukul 17.00 WIB. Sebelumnya kapal mereka bersandar ke Sumut pada Jumat (14/1) setelah sebelumnya melakukan perjalanan dari India.

“Untuk itu kepada masyarakat kami minta agar tidak panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.(riz)