Nama Ibu Kota Negara yang Baru: Nusantara


Fokus
medan.com
: Pemerintah mengungkap nama Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur. Nama yang dipilih Presiden Joko Widodo adalah Nusantara.

Hal itu disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam rapat panitia kerja RUU IKN.

“Saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada hari Jumat. Jadi ini sekarang hari Senin, pada hari Jumat lalu. Dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara,” ujar Suharso di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1).

Suharso menjelaskan latar belakang nama ibu kota baru. Nama Nusantara sudah menjadi ikon Indonesia sejak zaman dulu. Nama ini juga menggambarkan dan identik dengan Indonesia.

“Alasannya adalah nusantara sudah dikenal sejak dulu dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” jelas Suharso.

Sebelumnya pemerintah ingin mengumumkan nama ibu kota baru ini dalam surat presiden ke DPR. Akhirnya baru diperintahkan Jokowi untukĀ dibuka ke publik.

“Mengenai nama ibu kota titik-titik itu, memang semula sudah ingin dimasukkan pada waktu penulisan surpres itu, tapi kemudian ditahan,” kata Suharso.