Pakar Yakini Transmisi Lokal Omicron Sudah Terjadi di Luar DKI, Tapi Belum Terdeteksi


Fokus
medan.com
: Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI Prof. Tjandra Yoga Aditama menduga transmisi lokal Covid-19 varian Omicron tak hanya terjadi di DKI Jakarta. Menurutnya, Omicron sudah ada di luar ibu kota hanya saja belum terdeteksi.

“Logikanya kalau ada (Omicron) transmisi lokal di Jakarta kalau enggak ada hubungannya dengan pelaku perjalanan luar negeri tentu di daerah lain juga mungkin ada, karena tidak ada bedanya orang di Jakarta dengan provinsi tetangga atau provinsi yang jauh sekalipun kan kalau transmisi lokal bisa terjadi di satu tempat di Indonesia tentu transmisi lokal bisa terjadi di manapun juga,” katanya dalam diskusi polemik MNC Trijaya ‘bersiap hadapi gelombang Omicron’, Sabtu (15/1).

Dia mengatakan, untuk mendapatkan angka yang pasti, maka cara yang perlu dilakukan adalah meningkatkan testing. Meski sebagian kasus Omicron hanya ringan atau tanpa gejala.

“Artinya sekian ratus orang (terpapar Omicron) sekarang hanya ditemukan karena kebetulan di test, apakah di test karena dia ke luar kota atau bagaimanapun juga,” ucapnya.

Dia bilang, bila testing tak dilakukan, maka keberadaan Omicron di luar DKI tidak diketahui. Sehingga, bukan tidak mungkin ada juga orang tanpa gejala Omicron di provinsi lain yang belum di test dan tidak ketahuan.

“Kemungkinan kalau di Jakarta ada 180 orang yang transmisi lokal (Omicron) tentu di daerah lain ada,” katanya.(yaya)