WHO: Lebih dari 85 Persen Penduduk Afrika Belum Divaksin


Fokus
medan.com
: Direktur Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam jumpa pers kemarin mengatakan lebih dari 85 persen penduduk Afrika belum divaksin.

“Kita tidak bisa mengakhiri tahap terburuk dari pandemi ini kecuali kita memperkecil jurang perbedaan ini,” kata dia, seperti dilansir laman the Guardian, Kamis (13/1).

Program Berbagi vaksin Covid-19 global (COVAX) sudah mengirimkan sejumlah vaksin ke Afrika dan satu miliar dosis lagi akan tiba dalam beberapa hari ke depan.

Program yang digagas oleh aliansi vaksin GAVI, Koalisi Inovasi Persiapan Epidemi, bekerja sama dengan WHO bertujuan memberikan akses vaksin Covid-19 bagi warga dunia.

“Kita sudah membuat kemajuan. Pada Desember COVAX sudah mengirimkan lebih dua kali lipat dosis dibanding November dan dalam beberapa hari lagi kita akan mengirimkan 1 miliar dosis vaksin.”

Namun direktur WHO itu mengaku masih jauh dari target untuk mencapai 70 persen vaksinasi dari seluruh populasi di tiap negara Afrika pada pertengahan tahun ini.

Sebanyak 90 negara masih belum mencapai target 40 persen vaksinasi dan 36 negara di antaranya baru mencapai kurang dari 10 persen dari populasi.(yaya)