4 Cara Ampuh Atasi Rambut Rontok Tanpa Obat

Ilustrasi rambut rontok. Ist

Fokusmedan.com : Mendapati banyak rambut berjatuhan alias rontok setelah kamu mencuci rambut atau menyisirnya tentu akan membuat diri menjadi khawatir. Memang benar, rambut rontok jadi kondisi yang wajar dan sering terjadi pada semua orang.

Namun, tetap saja, kerontokan rambut yang terjadi secara berlebihan perlu diwaspadai dan ditangani karena hal tersebut bisa meningkatkan risiko terjadinya kebotakan.

Inilah mengapa, tak sedikit orang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan rambut, terlebih membuat rambut menjadi lebih kuat sehingga terhindar dari kerontokan. Tetapi sebenarnya ada cara mengatasi rambut rontok tanpa harus menghabiskan banyak uang atau mengonsumsi obat tertentu.

Berikut ini cara mengatasi rambut rontok secara alami tanpa harus menggunakan obat tertentu dikutip dari halodoc.com, Kamis (13/1/2022).

Yoghurt
Yoghurt mengandung vitamin D, protein, kalium, dan kalsium yang mampu memenuhi nutrisi rambut sekaligus membantu menguatkan akar rambut. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan mengoleskan yoghurt tanpa rasa alias tawar ke seluruh bagian permukaan rambut. Lalu, lakukan pijatan ringan pada kepala seperti saat kamu melakukan perawatan creambath.

Selanjutnya, biarkan selama lima menit hingga yoghurt seluruhnya meresap ke bagian akar rambut. Bilas rambut dengan menggunakan air hangat dan sampo sampai bersih. Keringkan dengan handuk secara perlahan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil rambut bebas rontok lebih maksimal.

Minyak Zaitun
Selanjutnya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Minyak satu ini mengandung vitamin C, A, K, D, dan E serta kalsium dan zat besi yang memang efektif untuk mengatasi rambut rontok. Oleskan minyak zaitun langsung pada rambut dan kulit kepala secara merata.

Berikan pijatan perlahan dan lembut pada kepala, dan diamkan hingga sekitar 30 menit hingga minyak menyerap ke bagian kepala dengan sempurna. Setelah itu, bilas dengan menggunakan sampo dan conditioner seperti saat kamu mencuci rambut seperti biasa.

Lidah Buaya
Manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit dan rambut memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Manfaatnya untuk membantu membuat rambut lebih subur menjadikan tanaman satu ini banyak digunakan sebagai campuran produk perawatan rambut.

Selain itu, kandungan vitamin D, A, protein, dan zat besi dalam lidah buaya juga mampu mencegah rambut mengalami kerontokan sekaligus memberikan pada kulit kepala dari berbagai masalah kesehatan.

Saat menggunakannya, ambil bagian dalam lidah buaya yang berbentuk gel. Oleskan gel tersebut secara merata pada kulit kepala dan rambut, lalu diamkan selama sekitar 15 menit.

Setelahnya, gunakan air hangat untuk membilas hingga bersih. Supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk merawat rambut rontok secara rutin.

Santan
Selain untuk masakan, ternyata santan juga bisa membuat rambut menjadi lebih halus dan mudah diatur, lho! Kamu pun tidak perlu khawatir akan masalah kerontokan rambut saat menyisir dan merapikan rambut.

Setelah santan siap, kamu bisa mengoleskannya ke semua permukaan rambut, bahkan hingga ke bagian kulit kepala. Diamkan selama sekitar 30 menit sebelum kamu membilasnya dengan sampo seperti mencuci rambut.

Memang benar, tidak semua masalah kerontokan rambut bisa diatasi dengan cara alami di atas. Jadi, apabila kamu tidak berhasil mengatasi rambut rontok, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter ahli di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan rambut yang tepat.(ng)