Sandiaga Uno: Okupansi Hotel di Mataram Jelang MotoGP Hampir 100 Persen

Fokusmedan.com : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebut bahwa okupansi atau tingkat keterisian hotel di Mataram, Nusa Tenggara Barat, hampir 100 persen jelang gelaran MotoGP 2022. Dia memprediksi akan ada 100.000 wisatawan yang datang menyaksikan gelaran tersebut.

“Per 3 Januari, kamar hotel terpesan 90 persen untuk akomodasi MotoGP berdasarkan data Asosiasi Hotel Mataram. Di Mataram memiliki 2.758 kamar,” ujarnya dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (10/1).

Sandiaga memastikan, akan memprioritaskan tempat-tempat penginapan di Nusa Tenggara Barat, sebagai akomodasi para wisatawan yang akan menonton perhelatan ajang balap motor MotoGP 2022 di Mandalika.

Kemenparekraf menyiapkan Bali untuk opsi selain NTB. Namun, dia memastikan Lombok akan jadi prioritas utama untuk akomodasi para wisatawan atau para penonton MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

“Di Bali tersedia banyak kamar hotel, kita juga sediain shuttle flight dari Bali ke Mandalika di bundle satu paket. Jika Lombok tingkat keterisian 100 persen bisa ditampung untuk tinggal di Bali terutama kawasan Nusa Dua dan sekitarnya,” katanya.

Okupansi Naik dalam Waktu Dekat

Sandiaga memprediksi okupansi hotel akan mencapai 100 persen dalam waktu dekat. Selain itu, pemerintah juga tengah menyiapkan homestay tambahan untuk mengakomodasi perhelatan MotoGP.

Saat ini, kolaborasi dengan pihak swasta juga dilakukan, yakni dengan menyediakan tenda 100 unit, serta cabin penginapan. “Tenda 100 unit di camping ground. 1 tenda bisa 4 orang. Lalu cabin, toilet, restoran, dan representaif terus kita dorong,” jelasnya.

Kemenparekraf juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Pelni untuk menyediakan penginapan di atas kapal. “Ini akan kita lengkapi shuttle untuk ke dan dari Mandalika,” tandas Sandiaga.
(yaya)