Pembakar Rumah Wartawan di Aceh Tenggara Diduga Anggota TNI

Fokusmedan.com : Kasus pembakaran rumah wartawan Asnawi Luwi di Aceh Tenggara mulai terungkap. Pelaku diduga anggota TNI.

 

“Berdasarkan hasil penyidikan dan gelar perkara, dugaan sementara pelaku mengarah kepada oknum TNI,” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy, Senin (10/1).

Dia memaparkan, berdasarkan hasil penyidikan dan gelar perkara pada 4 Januari 2022, kasus ini dilimpahkan ke Pomdam Iskandar Muda.(yaya)

Asnawi Luwi sebagai korban, tutur Winardy, sudah mengetahui perkara tersebut dilimpahkan ke Pomdam Iskandar Muda melalui Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP). Winardy menjelaskan, rumah Asnawi di Desa Lawe Loning, Kecamatan Lawe Sigala-Gala, Kabupaten Aceh Tenggara, dibakar pada 30 Juli 2019 lalu.

Pomdam Iskandar Muda Lakukan Penyelidikan

Sehari berikutnya, wartawan Harian Serambi Indonesia itu membuat laporan ke Polres Aceh Tenggara. Namun kasus tersebut mandek hingga diambil alih Ditreskrimum Polda Aceh pada 5 Oktober 2021.

“Pelimpahan ini dilakukan bukan karena ketidakmampuan Polres Aceh Tenggara dalam menuntaskan kasus, akan tetapi ada pertimbangan dan novum yang mengharuskan untuk didalami dan pelajari lebih lanjut,” ujarnya.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Iskandar Muda Kolonel Arh Sudrajat membenarkan pihaknya tengah menangani kasus itu. “Siap benar Bang, Polda telah melimpahkan kepada Pomdam IM (Iskandar Muda). Saat ini Pomdam IM akan melakukan penyelidikan dari bukti permulaan yang ada. Terima kasih,” jawabnya saat dikonfirmasi merdeka.com.(yaya)