10 Petugas Lab Bandara Soekarno-Hatta Positif Omicron


Fokus
medan.com
: Kementerian Kesehatan melaporkan 10 petugas laboratorium Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, positif Covid-19 varian Omicron. Hal ini diketahui berdasarkan hasil Whole Genome Sequencing (WGS) yang keluar pada Sabtu (8/1) dan hari ini Minggu (9/1).

“Sudah 10 (petugas laboratorium) positif Omicron,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi saat dihubungi, Minggu (9/1).

Sebanyak 18 petugas Bandara Soekarno-Hatta dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya. Dari jumlah tersebut, 14 di antaranya merupakan petugas laboratorium dan 4 lain petugas administrasi.

Saat ini, seluruh petugas menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Menurut Nadia, petugas laboratorium ini tertular Omicron dari pelaku perjalanan luar negeri.

“Penularan Omicron bisa terjadi pada nakes yang sudah memiliki pencegahan infeksi,” ujarnya.

Nadia mengimbau semua tenaga kesehatan tetap waspada terhadap penularan Omicron. Tenaga kesehatan diminta tetap mematuhi protokol kesehatan saat menjalankan tugas.

“Kondisi saat ini harus dipertahankan untuk menekan terus laju virus sehingga bisa keluar dari situasi pandemi,” tandasnya.(yaya)