Vaksinasi Anak Sumut Baru Mencapai 3,3 Persen

Ilustrasi vaksinasi anak. iStock

Fokusmedan.com : Capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sudah mencapai persentase di angka 3,3 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut drg Ismail Lubis mengatakan, jumlah itu didapatkan dari sebanyak 2.486 orang anak yang berasal dari sembilan Kabupaten/Kota, yakni Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Utara, Toba, Pematangsiantar dan Sibolga.

“Sembilan daerah yang melakukan vaksinasi anak sudah mencapai 3,3 persen,” katanya kepada wartawan, Senin (3/1).

Sementara itu untuk vaksinasi orang dewasa, jelas Ismail, berdasarkan data dari KPCPEN, untuk dosis I di Sumut sudah mencapai angka 75.04 persen dan dosis II mencapai 49.5 persen pertanggal 30 Desember 2021.

Namun, dia menyebutkan, masih ada 11 Kabupaten/Kota untuk vaksinasi lansia belum mencapai 60 persen. Sehingga kick off untuk vaksinasi anak belum dilaksanakan.

“Sebab, Kemenkes masih meminta untuk pelaksanaan vaksinasi dosis I dan II dan lansia,” jelasnya.

Dia memaparkan, ke-11 Kabupaten/Kota itu meliputi Nias Utara, Asahan, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu. “Selanjutnya, Padanglawas, Deliserdang, Medan, Gunungsitoli, Binjai dan juga Padangsidimpuan,” pungkasnya.

Terpisah, terkait perkembangan kasus Covid-19 di Sumut, berdasarkan data Kemenkes RI, saat ini total kasusnya telah mencapai 106.123 orang usai memperoleh penambahan satu kasus baru. Sedangkan untuk kasus sembuh berjumlah 13.162 orang usai bertambah lima kasus baru.

Kemudian untuk kasus kematian 2.894 usai bertambah satu kasus baru. Oleh karena itu, maka saat ini kasus aktif Covid-19 Sumut berjumlah 67 orang.

 

(Riz)