Polrestabes Medan Tangkap Oknum Ketua LSM Diduga Peras Kepala SMP Negeri 3

Polrestabes Medan tangkap oknum Ketua LSM diduga peras Kepala SMP Negeri 3. Ist

Fokusmedan.com : Polisi melakukan penangkapan terhadap seorang oknum Ketua LSM berinisial I (43) saat melakukan pemerasan terhadap seorang Kepala SMP Negeri 3 Tanjung Morawa di sebuah cafe di Deli Serdang.

Selain mengamankan pelaku I warga Medan Marelan, dalam penangkapan OTT tersebut, polisi turut mengamankan barang bukti uang tunai Rp 9,9 juta yang merupakan uang hasil memeras korban.

“Iya benar kita melakukan penangkapan terhadap seorang pelaku pemerasan,” ujar Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol M Firdaus kepada wartawan, Kamis (30/12/2021) malam.

Ia mengatakan, modus pelaku melakukan pemerasan dengan cara mengirim surat klarifikasi anggaran Dana BOS kepada sekolah-sekolah negeri serta memberikan surat klarifikasi anggaran Dana BOS ke Polresta Deli Serdang dan Kejari Deli Serdang.

“Korban menerima surat (klarifikasi dana BOS) itu pada Rabu (22/12/2021),” ujar Firdaus.

Menerima surat itu, korban lalu meminta saksi atas nama Rudi Sinaga untuk menghubungi pelaku menanyakan maksud dan tujuan surat tersebut.

“Pelaku mengancam jika tidak menyerahkan sejumlah uang yang diminta, masalah makin dalam dan nantinya akan diproses oleh kejaksaan dan kepolisian,” kata Firdaus.

Saksi yang takut dengan ancaman pelaku lalu memberitahukannya kepada Kepala SMP Negeri 3 Tanjung Morawa. Alhasil, korban dan pelaku melakukan kesepakatan untuk bertemu di sebuah cafe di Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Senin (27/12/2021) pagi.

“Lalu korban menyerahkan uang tersebut dan kemudian langsung dibawa oleh anak pelaku ke rumahnya di Jalan Titi Papan,” ujar Kasat.

Tak lama berselang, jelas Firdaus, pihaknya yang mendapat laporan itu kemudian melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku beserta barang bukti uang Rp 9,9 juta.

“Motifnya untuk mencari keuntungan,” pungkasnya.(Rio)

Akibat perbuatannya tersangka dikenakan dengan Pasal 369 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun.