Kasus Transmisi Lokal Omicron, Pemkot Medan Tracing Keluarga Pasien Hasilnya Negatif


Fokus
medan.com
: Wali Kota Medan Bobby Nasution menanggapi kabar adanya warga Kota Medan yang terpapar Covid-19 varian Omicron. Kata Bobby, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan telah melakukan pelacakan kontak erat atau tracing dari pasien positif Omicron tersebut.

“Ada tujuh dari anggota keluarga yang kami tracing. Kami lakukan tes PCR baru tadi pagi keluar hasilnya negatif,” ucapnya, Kamis (30/12).

Lanjut Bobby, beberapa hari yang lalu istri dari pasien yang dinyatakan positif Omicron telah pulang ke Medan. Kemudian, perempuan itu melakukan tes PCR, dan menjalani karantina mandiri.

“Lalu, dites lagi dan hasilnya juga negatif,” ungkapnya.

Sementara warga yang terpapar varian Omicron menjalani isolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta.

Cegah Kerumunan

Bobby menambahkan, untuk melakukan persiapan antisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron telah dirumuskan langkah-langkah untuk menjaga agar tidak terjadi kerumunan pada malam pergantian tahun.

“Tadi kami sudah koordinasi dengan Forkopimda di Medan agar jangan ada kerumunan pada Natal dan Tahun Baru. Ini agar tidak ada terjadi penambahan kasus Covid-19,” ujar Bobby.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 usai Natal dan Tahun Baru 110 ruas jalan di Medan ditutup mulai 31 Desember 2021 jam 19.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2022 pukul 06.00 WIB.(yaya)