5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Buah bit. Ist

Fokusmedan.com : Buah bit dapat memiliki berbagai manfaat kesehatan karena kombinasi unik dari vitamin, mineral, dan antioksidan. Buah bit memang telah meningkat popularitasnya akhir-akhir ini karena para peneliti telah mengidentifikasi hubungan antara minum jus bit dan beberapa manfaat yang dimilikinya.

Melansir dari Medical News Today di laman Kompas.com, buah bit memiliki profil nutrisi yang mencakup banyak vitamin esensial, mineral, dan antioksidan.

Buah bit juga mengandung senyawa bioaktif unik yang disebut betalains, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan seseorang.

Buah bit mengandung berbagai macam vitamin dan mineral penting. Minum jus buah ini secara teratur dapat membantu mencegah kekurangan nutrisi tersebut.

Selain itu, ada sederet manfaat buah bit bagi kesehatan, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Meningkatkan tekanan darah

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa bit dapat membantu menurunkan tekanan darah seseorang. Para peneliti percaya bahwa ini karena kandungan nitratnya. Bit secara alami mengandung nitrat dalam jumlah besar, yang diubah tubuh menjadi oksida nitrat.

Senyawa ini melebarkan pembuluh darah yang meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah secara keseluruhan.

2. Mengurangi peradangan

Bit mengandung senyawa anti-inflamasi yang disebut betalains. Menurut ulasan yang terbit pada tahun 2015, betalains menghambat jalur pensinyalan spesifik yang berperan dalam penyakit inflamasi.

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa betalain yang disebut phenethylamine-betaxanthin mengurangi aktivitas enzim inflamasi sebesar 32 persen.

3. Mencegah anemia

Bit kaya akan zat besi, komponen penting dari sel darah merah. Tanpa zat besi, sel darah merah tidak dapat mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Orang yang memiliki kadar zat besi rendah terkadang dapat mengalami kondisi yang disebut anemia defisiensi besi. Menambahkan sumber zat besi ke dalam makanan dapat mengurangi risiko kondisi ini.

Gejala anemia defisiensi besi meliputi:
• kelelahan
• pusing
• sesak napas
• sakit kepala
• detak jantung cepat
4. Melindungi hati

Buah bit mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin B-6, dan zat besi.

Senyawa ini membantu melindungi hati dari peradangan dan stres oksidatif.
Selain itu, senyawa ini juga dapat meningkatkan kemampuannya untuk membuang racun dari tubuh.

5. Meningkatkan kinerja atletik

Senyawa tertentu dalam jus bit, seperti nitrat dan betalain, dapat meningkatkan kinerja atletik.
Menurut tinjauan sistematis yang terbit pada tahun 2017, nitrat dapat meningkatkan efisiensi atletik seseorang dengan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot.

Sebuah studi lain yang terbit pada tahun 2018 melihat efek betalain pada 28 pengendara sepeda pria terlatih. Para pengendara sepeda menerima 100 mg konsentrat bit atau plasebo setiap hari selama seminggu.

Dibandingkan dengan kelompok plasebo, kelompok konsentrat bit memiliki efisiensi latihan yang lebih tinggi dan peningkatan aliran darah.(ng)