Jelang Pergantian Tahun, 110 Titik Persimpangan di Medan Ditutup

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis saat memberikan keterangan. Ist

Fokusmedan.com : Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Medan akan menutup 110 titik selama perayaan malam tahun baru. Penutupan itu dilakukan mulai Jumat (31/12) pukul 19.00 hingga 1 Januari 2022 pukul 06.00.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis mengatakan, langkah penutupan itu diambil sebagai upaya mengurangi mobilisasi masyarakat serta penyebaran Covid-19 di Kota Medan.

“Pada prinsipnya Pemko Medan dan TNI/Polri mendukung penuh sukacita masyarakat untuk merayakan tahun baru, tapi jangan pula ada peningkatan kasus virus corona,” katanya, Rabu (29/12/2021).

Iswar menjelaskan, 110 titik yang ditutup ini menyebar di seluruh wilayah Kota Medan. “Kalau hanya seputaran tengah kota, orang sudah terlanjur keluar kota, akan ada kerumunan,” jelasnya.

Karena itu, pihaknya berharap agar masyarakat dapat merayakan malam tahun baru dengan keluarga di rumah.

“Kita minimalisir penyebaran, silahkan merayakan di rumah masih, jangan konvoi atau pesta kembang api. Kami mohon maaf, ini untuk kebaikan kita semua dengan harapan secara khusuk berdoa agar segalanya di tahun 2022 lebih baik,” ucap Iswar.

Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Sonny Siregar, mengingatkan kepada masyarakat agar tidak melakukan konvoi dan pesta kembang api selama malam pergantian tahun.

“Kami imbau untuk tidak konvoi, berkerumun, pesta kembang api agar tidak ada peningkatan covid-19 dan gangguan kamtibmas. Kami harap kerjasama dari masyarakat agar bisa melewati malam tahun baru dengan lancar,” terangnya.

Sonny menegaskan, polisi akan menindak tegas masyarakat yang nekat dan menembus titik-titik penutupan arus lalu lintas.

“Kita akan tindak tegas, akan kita suruh putar balik. Kita juga sudah antisipasi jalur-jalur alternatif yang mungkin dilalui,” tandasnya.(Rio)