# Cari_aman, Pahami Tips Menikung yang Tepat Saat Berkendara


Fokus
medan.com
: Beragam ilmu teknik berkendara wajib dikuasai para pengendara untuk mengurangi potensi bahaya bagi pengendara maupun pengguna jalan lainnya. Seperti halnya teknik menikung yang sekilas terlihat mudah, namun bila kita tidak memahami teknik dasarnya maka dapat berpotensi bahaya. Karena itu setiap pengendara wajib memiliki ilmu dan kemampuan teknik menikung di jalan raya secara benar.

Sofiyan Hazri, Instruktur safety riding PT Indako Trading selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara, mengungkapkan bahwa salah satu teknik menikung yang disarankan ketika berkendara di jalan raya adalah teknik Lean With the Bike. Dimana teknik ini dilakukan dengan posisi badan pengendara tegak lurus mengikuti kemiringan sepeda motor pada saat menikung, dan pengendara tidak perlu mengubah posisi duduk layaknya menikung di lintasan sirkuit.

Untuk melakukan teknik Lean With the Bike saat menikung di jalan umum, Honda ingin membagikan sejumlah tips penting untuk diperhatikan dan dilakukan oleh pengendara, diantaranya :

Pertama, sebelum memasuki tikungan, turunkan kecepatan dengan cara menutup penuh putaran gas dan lakukan pengereman menggunakan rem kombinasi.

Kedua, salah satu kunci penting saat menikung dengan teknik apa pun adalah arah pandangan mata. Karena pandangan adalah pusat keseimbangan sekaligus secara otomatis akan memengaruhi arah laju sepeda motor. Karena itu, arahkan pandangan ke arah yang dituju. Selain untuk menjaga sepeda motor tetap berada di jalurnya, pengendara bisa melihat dan mengantisipasi potensi bahaya yang ada di depan.

Kemudan yang ketiga, kontrol kecepatan saat motor pada posisi miring, jangan sesekali manaikkan dan menurunkan kecepatan secara ekstrim karena berpotensi menggangu keseimbangan.

Keempat, bila ingin mengurangi kecepatan ketika di tikungan, kontrol daya tekanan pada tuas rem sehingga tidak terjadi perlambatan ekstrim.

Disarankan untuk menggunakan rem belakang untuk mencegah terganggunya daya cengkram roda depan yang berpotensi menggangu keseimbangan sepeda motor. Sedangkan yang kelima, saat akan keluar tikungan, tingkatkan kecepatan dengan membuka bukaan gas secara perlahan untuk mendorong motor kembali ke posisi tegak.

Sofiyan Hazri juga mengungkapkan , selain kelima hal tersebut, pengendara juga perlu melihat beberapa hal lain sebelum menikung seperti kondisi ban, kondisi jalan apakah berpasir, tanah basah, dan lain sebagainya.. Selain itu, sistem pengereman dan kualitas kondisi lingkungan seperti dataran rendah, dataran tinggi juga dapat mendukung teknik menikung yang baik dan benar di jalan.

“Dengan semangat Satu Hati, Honda ingin mengajak masyarakat untuk bersinergi dan berkontribusi menciptakan lalu lintas Sumatera Utara yang tertib dan aman melalui berbagai meningkatkan pemahaman dan kualitas skill berkendara dengan motor melalui berbagai edukasi dan pelatihan #Cari_aman yang dilakukan di Indako Safety Riding Center yang berlokasi di Jl. Bunga Sakura Medan bersama para instruktur terbaik Honda, “ ujar Sofiyan Hazri.(ril)