Belum Ditemukan Kasus Omicron di Sumut

Fokusmedan.com : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara drg Ismail Lubis memperoleh informasi adanya dua warga Sunut yang berkunjung ke Jakarta diantaranya positif Omicron.

mengaku telah mendapatkan adanya informasi ini. Dia menyebutkan bahwasanya hari ini pihaknya memperoleh kabar jika dari dua warga Sumut yang berkunjung ke Jakarta, dan satu diantaranya positif omicorn.

“Yang satunya lagi negatif, sehingga yang satu itu sudah kembali pulang,” sebutnya kepada wartawan, Selasa (28/12/2021).

Usai mendapat informasi tersebut, lanjutnya, pihaknya melakukan tracing terhadap kontak erat tersebut. Kendati begitu, sampai saat ini Provinsi Sumut belum ada ditemukan satupun kasus omicorn.

“Untuk Sumut belum ada Omicron. Yang positif di Jakarta dan sudah dilakukan karantina,” jelasnya.

Selanjutnya, bila nanti dari hasil tracing kontak erat ada ditemukan kasus omicorn di Sumut dan hasilnya juga positif maka akan dilakukan karantina. Kemudian setelah lima hari akan kembali dilakukan tes untuk memastikan apakah positif atau tidaknya.

“Untuk memastikan hal ini, kita juga akan mengirim WGS (Whole Genum Sequencing) nya ke Balitbangkes,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat, bahwa apapun virusnya baik omicorn, delta ataupun varian Covid-19 lainnya, yang utama harus dipertahankan adalah disiplin protokol kesehatan.(riz)