Australia Catat Kematian Pertama karena Omicron


Fokus
medan.com
: Australia hari ini mencatat kematian pertama Covid-19 varian Omicron di tengah lonjakan kasus positif. Namun pemerintah mengatakan mereka tetap tidak akan menerapkan kembali aturan pembatasan ketat dengan alasan tingkat rawat inap di rumah sakit masih rendah.

Korban meninggal itu berusia 80-an tahun dan memiliki riwayat penyakit sebelumnya. Kematian pertama karena Omicron ini menjadi catatan buruk bagi Australia yang hampir dua tahun menjalani karantina wilayah karena pandemi.

Varian Omicron yang menurut para ahli lebih mudah menular dari Delta tapi tidak lebih parah mulai menyebar di Negeri Kanguru di saat negara itu baru akan membuka kembali kegiatan dengan mencabut aturan pembatasan dan larangan bepergian.

Pemerintah tidak merinci bagaimana kasus kematian karena Omicron itu tapi hanya mengatakan pria tua itu tertular di rumah jompo dan meninggal di sebuah rumah sakit di Sydney.

“Ini kasus kematian pertama yang diketahui di Negara Bagian New South Wales terkait varian Omicron,” kata Epidemiolog Rumah Sakit New South Wales Christine Selvey dalam sebuah rilis video, seperti dilansir laman Channel News Asia, Senin (27/12).

Negara Bagian New South Wales, Victoria, Queensland melaporkan total 9.107 kasus positif baru Covid-19 hari ini. Lima negara bagian lainnya belum melaporkan kasus harian terbaru.

“Meski kami melihat ada peningkatan kasus, tapi tidak terlihat dampak berarti terhadap sistem rumah sakit kami,” kata Annastacia Palaszczuk, perdana menteri Queensland.