Terapkan Manajemen Sampah Ramah Lingkungan, Living Plaza Hadir di Medan 

Peresmian Living Plaza Cemara Asri, Rabu (22/12/2021). Ist

Fokusmedan.com : Kawan Lama Group kembali melebarkan sayapnya di Kota Medan dengan menghadirkan Living Plaza di Cemara Asri, Kabupaten Deli Serdang. Living Plaza ke-23 di Indonesia ini juga menjadi pusat perbelanjaan pertama di Medan yang menerapkan reduce waste management atau sistem manajemen sampah sebagai perwujudan komitmen untuk  menjadi kawasan komersial yang ramah lingkungan.

Business Development Director Kawan Lama Group, Sugiyanto Wibawa mengatakan, kepedulian terhadap pemeliharaan lingkungan yang berkelanjutan merupakan salah satu misi yang senantiasa diemban oleh Kawan Lama Group.

“Sebagai salah satu upaya untuk merealisasikan misi tersebut, bertepatan dengan pembukaan Living Plaza Cemara Asri ini, kami menerapkan sistem pengelolaan sampah dari hulu ke hilir. Di mana timbulan sampah yang ada akan dipilah secara sistematis dan dipersiapkan untuk didaur ulang menjadi produk yang memiliki nilai tambah,” ujarnya, Rabu (22/12/2021).

Harapannya, kata dia, tentunya pengelolaan sampah yang diusung ini dapat memberikan kontribusi positif untuk upaya penanggulangan  sampah. Sistem pengelolaan sampah yang diterapkan pada gedung seluas 9.647 m² dan memiliki 9 lantai ini terlaksana melalui kemitraan dengan berbagai pihak dan melibatkan karyawan, tenant serta pengunjung sejak proses awalnya, yaitu pemilahan sampah.

Di berbagai titik gedung, tersedia tempat sampah yang terdiri dari tiga jenis, yaitu organik, anorganik, dan sampah residu (sampah yang sulit didaur ulang seperti puntung rokok dan tisu, styrofoam dan sampah yang sudah terkontaminasi zat kimia seperti popok sekali pakai maupun pembalut) untuk memudahkan pengunjung membuang sampah menurut jenisnya.

Kemudian, setiap harinya, pihak karyawan yang telah mendapatkan pelatihan khusus akan  menyortir kembali timbulan sampah sebelum  diangkut ke tempat daur ulang sampah. Selain berkontribusi untuk pemeliharaan lingkungan, kehadiran Living Plaza Cemara Asri juga turut memberikan dampak positif dalam hal pembukaan lapangan pekerjaan untuk putra-putri daerah Medan dan sekitarnya.

“Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang menjadi fokus Kawan Lama Group, melalui pembukaan Living Plaza ini, kami berkesempatan untuk menyerap tenaga kerja di daerah, di mana 95% dari karyawan Living  Plaza  berasal dari Sumatera Utara,” lanjut Sugiyanto.

Wakil Bupati Kabupaten Deli Serdang, H. M. Ali Yusuf Siregar menuturkan, pihaknya menyambut baik pembukaan Living Plaza Cemara Asri pada penghujung tahun 2021 ini. Tentunya, tidak hanya hadir sebagai tempat yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat, tetapi juga beritikad baik menjaga kelestarian lingkungan dan membuka kesempatan kerja untuk putra-putri daerah.

“Ke depannya, kami pun mengharapkan dukungan dan kemitraan bersama Living Plaza dan Kawan Lama Group guna terus memajukan  ekonomi daerah,” pungkasnya.(ng)