Pajak Berkontribusi Terhadap Anggaran Pendapatan Belanja Negara

Pajak berkontribusi besar terhadap APBN. Ist

Fokusmedam.com : Peran pajak tidak dapat dipisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada saat ini, pajak sangat strategis dan sangat penting dalam pembangunan bangsa membiayai pembangunan. Pajak berkontribusi lebih  dari 70 persen terhadap pendapatan negara dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) setiap tahun.

Kepala KPP Pratama Lubuk Pakam, Womsiter Sinaga mengatakan, dana pajak selain digunakan untuk gaji Aparat Pemerintah yakni, ASN Pusat dan Daerah, TNI/Polri juga membiayai pembangunan infrastruktur, membiaya vaksin dan pengobatan karena pandemi Covid-19. Selain itu pemberian BLT, pemulihan ekonomi nasional untuk membantu UMKM, dana BOS, subsidi dan sebagainya.

Womsiter menyampaikan, dalam menghimpun penerimaan pajak, KPP Pratama Lubuk Pakam yang merupakan perpanjangan tangan dari DJP tidak dapat berjalan sendiri. KPP Pratama Lubuk Pakam harus didukung oleh semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah dan DPRD.

“Kami harap, pihak DPRD Deli Serdang dapat memberi dukungan politik dalam pemungutan pajak. Ikut serta mengawasi pemotongan/pemungutan dan penyetoran pajak pusat atas pengelolaan keuangan daerah yang bersumber dari APBD dan Dana Desa oleh Bendahara OPD dan Kepala Desa di Pemkab Deli Serdang,” ujarnya saat silaturahmi dan koordinasi  dengan  Ketua  DPRD  Kabupaten Deli Serdang Zakky Shahri S.H, Selasa (21/12/2021).

Dalam kesempatan itu Womsiter juga menyampaikan tentang proses persiapan KPP Pratama Lubuk Pakam untuk mengikuti program Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK).

Karenanya ia meminta dukungan Ketua DPRD Kabupaten Deli Serdang agar KPP Pratama Lubuk Pakam berhasil mewujudkan wilayah bebas korupsi di KPP Pratama Lubuk Pakam, menjaga integritas pegawai, senantiasa melakukan inovasi pelayanan yang lebih baik kepada Wajib Pajak dan meningkatkan kinerja dengan mencapai target penerimaan pajak tanpa korupsi.

Ketua DPRD Kabupaten Deli Serdang Zakky Shahri S.H merasa bangga dan berbesar hati atas kunjungan Kepala KPP Pratama Lubuk Pakam beserta rombongan.

Zakky Shahri juga menjelaskan bahwa antara Pemkab Deli Serdang dan KPP Pratama Lubuk Pakam telah lama terjalin komunikasi dan koordinasi yang sangat baik.

Beliau juga berterima kasih atas informasi dan masukan dari Kepala KPP Pratama Lubuk Pakam sebagai bahan bagi DPRD Deli Serdang untuk melakukan pengawasan di Pemkab Deli Serdang, khususnya dalam pengawasan pemungutan pajak pusat,  yang pada akhirnya masukan tersebut juga ditujukan untuk kemajuan Kabupaten Deli Serdang.

Untuk itu ia menyambut baik hal yang disampaikan oleh Kepala KPP Pratama Lubuk Pakam, dan siap mendukung KPP Pratama Lubuk Pakam dalam program Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi.(ng)