20/04/2024 6:29
EKONOMI & BISNIS

Nataru, PT KAI Divre I Sumut Siapkan 15.526 Tiket Setiap Hari

PT KAI Divre Sumut siapkan 15.526 tiket setiap hari di masa Nataru. Ist

Fokusmedan.com : PT KAI Divisi Regional I Sumatera Utara (PT KAI  Divre I Sumut) akan tetap mengoperasikan  kereta api untuk membantu konektivitas masyarakat yang ingin bepergian dengan aman  dan nyaman di masa Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Sedikitnya sekitar 15.526 tiket kereta api yang disediakan setiap hari.

“Kami konsisten menerapkan protokol kesehatan secara disiplin pada layanan KA sesuai ketentuan dari pemerintah selama masa  pandemi Covid-19,” ujar Vice President PT KAI Divre I Sumut, Yuskal Setiawan, Selasa (21/12/2021).

Selama masa Nataru yang berlangsung mulai  17 Desember 2021- 4 Januari 2022, PT KAI Divre I Sumut akan mengoperasikan 32 perjalanan KA dengan rincian 8 perjalanan KA Antar Kota dan 24 perjalanan KA Lokal. Untuk perjalanan KA Antar Kota, KAI menyediakan rata-rata 3.230  tiket per hari untuk mengantisipasi kebutuhan dari masyarakat yang akan bepergian.

“Sehingga jika dijumlahkan dengan KA Lokal,  ada 15.526 tiket yang disediakan tiap harinya,” katanya.

Pada masa Nataru kali ini, PT KAI Divre I Sumut akan mengoperasikan KA Sribilah relasi Medan-Rantauprapat (PP) setiap hari. Berbeda jika dibandingkan di luar masa Nataru yang hanya beroperasi pada hari-hari tertentu saja.

Yuskal menjelaskan, secara umum tiket yang terjual masih di bawah 30% dan diprediksi akan terus bergerak karena penjualan masih berlangsung. Tiket KA masa Nataru 2021/2022  sudah dapat dipesan oleh masyarakat melalui  aplikasi KAI Access, website KAI dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Meski berlangsung di tengah pandemi Covid-19  PT KAI Divre I Sumut telah mempersiapkan dari  segi layanan di stasiun dan di atas KA sesuai  protokol kesehatan pencegahan Covid-19,  kesiapan kehandalan sarana dan prasarana,  keamanan serta antisipasi lainnya guna  menciptakan perjalanan KA yang aman,  nyaman, sehat dan selamat.

Dari sisi sarana, PT KAI Divre I Sumut menyiapkan 25 lokomotif dan 62 kereta guna mendukung operasi masa Nataru 2021/2022.  Sedangkan dari sisi prasarana telah disiapkan  skenario pengamanan perjalanan KA (Perka),  yakni dengan memetakan Alat Material Untuk  Siaga (AMUS) dan dipastikan di daerah rawan  tersedia AMUS.

PT KAI Divre I Sumut juga menyiagakan 33  personel untuk menjaga daerah rawan yang  siaga 24 jam guna menjamin dan memastikan  keselamatan perjalanan KA. Selain itu, dari sisi  pengamanan disiagakan 238 personel guna memberikan rasa aman baik itu di stasiun  maupun di atas KA.

“KAI juga telah mengintegrasikan aplikasi Peduli Lindungi dengan sistem boarding KAI. Integrasi ini terwujud melalui kerjasama antara KAI dan  Kementerian Kesehatan dengan tujuan untuk mempermudah pelanggan, memperlancar proses pemeriksaan dokumen, dan menghindari pemalsuan dokumen,” tegasnya.

Ia menambahkan, PT KAI Divre I Sumut juga menyediakan 6 stasiun yang melayani Rapid  Test Antigen dengan tarif  Rp 45.000. Layanan  Rapid Test Antigen di stasiun ini untuk  membantu masyarakat dalam memenuhi  persyaratan bepergian menggunakan KA Antar  Kota di masa pandemi Covid-19.

“Keenam stasiun tersebut antara lain, Stasiun  Medan, Stasiun Kisaran, Stasiun Tanjung Balai,  Stasiun Rantauprapat, Stasiun Mambangmuda,  dan Stasiun Tebing Tinggi,” pungkasnya.(ng)