Kenali Kolesterol Tinggi, Ini 6 Tanda yang Muncul di Kaki

Ilustrasi tanda kolesterol tinggi pada kaki. Ist

Fokusmedan.com : Kolesterol yang terlalu tinggi di dalam darah bisa menyebabkan penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Kolesterol tinggi terkadang dimasukkan ke dalam golongan silent killer lantaran tak menunjukkan gejala awal.

Mengutip dari Cambrigde News di laman Kompas.com, Senin (20/12/2021), Anda baru akan mencurigai ada sesuatu yang salah setelah ada banyak kolesterol yang menyumbat aliran darah, terutama di kaki.

Penumpukan kolesterol yang akhirnya menyumbat aliran darah memang sering terjadi di area kaki dan menyebabkan berbagai gejala.

Berikut ini 6 gejala kolesterol tinggi yang muncul di kaki:

1. Nyeri pada kaki
Salah satu gejala yang paling sering muncul adalah adanya sakit dan nyeri pada kaki.
Seperti dipaparkan laman Health, nyeri pada kaki terjadi jika arteri tersumbat kolesterol sehingga aliran darah menuju kaki menjadi terhambat.

Nyeri pada kaki biasanya berupa kaki yang terasa berat, pegal seperti kelelahan dan juga sensasi seperti terbakar. Sensasi ini bisa terjadi di seluruh bagian kaki, dan bisa terjadi hanya salah satu kaki atau malah kedua kaki kanan dan kiri.

Seringnya, sakit pada kaki ini terjadi ketika Anda selesai berolahraga atau berjalan kaki. Sensasi akan hilang setelah Anda beristirahat.

2. Kram kaki di malam hari
Orang dengan kolesterol tinggi juga biasanya akan merasakan kram di malam hari yang menyerang tumit, jari kaki dan telapak kaki.

Cara untuk menghilangkan kram ini bisa dengan duduk di kasur atau kursi dan membiarkan kedua kaki menggantung di bawah. Biarkan gravitasi membantu mengalirkan darah ke ujung-ujung kaki.

3. Perubahan warna di kaki dan kuku
Mengutip Times of India, berkurangnya aliran darah menuju kaki bisa mengubah warna kulit pada kaki dan kuku.

Hal ini terjadi karena sel-sel pada kaki tak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup imbas dari berkurangnya aliran darah yang membawa oksigen.

Kulit akan nampak mengencang dan berkilau dan kuku jari kaki akan berkembang lebih lambat. Terkadang, rambut di kaki juga terlihat akan semakin menipis.

4. Kaki terasa dingin

Kaki terasa dingin di musim penghujan adalah hal yang wajar. Namun jika kaki terasa dingin terus-menerus bahkan di cuaca yang panas sekalipun, bisa jadi itu pertanda kolesterol dalam darah sudah terlalu tinggi, sehingga menghambat laju aliran darah menuju kaki.
Kaki yang menjadi dingin ini bisa terjadi di salah satu kaki saja atau di kedua belah kaki.

5. Kebas di area kaki
Kurangnya aliran darah menuju kaki juga bisa menimbulkan sensasi kebas di area kaki. Biasanya kebas akan menimpa area telapak kaki dan jari-jemari kaki.

6. Luka di kaki yang susah sembuh
Luka atau trauma di kaki yang susah sembuh juga bisa menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi. Ketika aliran darah menuju kaki terganggu, maka kaki akan kekurangan nutrisi dan oksigen. Dan luka pun biasanya akan berubah warna menjadi kecokelatan atau kehitaman.

Jika salah satu dari enam tanda di atas ada pada diri Anda, maka segeralah lakukan tes darah untuk memastikan level kolesterol dalam darah Anda. Kolesterol tinggi bisa ditangani dengan obat-obatan juga perubahan pola makan dan pola hidup.(ng)