Minggu Pagi, Gunung Semeru Erupsi Lagi

Ilustrasi Gunung Semeru kembali erupsi pukul 05.31 WIB, Minggu (19/12). Antara

Fokusmedan.com : Gunung Semeru kembali erupsi pada pukul 05.31 WIB, Minggu (19/12/2021). Erupsi teramati dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak (sekitar 5676 meter di atas permukaan laut).

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya,” ujar Mukdas Sofian dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui pernyataan resmi.

Ia juga mengatakan erupsi tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 20 milimeter dan durasi 720 detik.

Kecepatan Peringatan Dini Tsunami
Berdasarkan hal tersebut, Mukdas mengimbau agar warga tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari puncak (pusat erupsi).

“Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak,” imbuhnya.

Kemudian, ia juga meminta warga tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Terakhir, ia mengimbau warga tetap mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

“Terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan,” tandasnya.

Sementara itu, Tim Semeru Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur, melalui akun twitter resmi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo, memprediksi cuaca di wilayah Gunung Semeru berpotensi hujan di siang dan sore hari.

Selain itu, kecepatan angin diprediksi tenang dengan suhu rata-rata 25 derajat celsius dan kelembapan 92 persen.(ng)