Kapolri Ingatkan Anak Buah: Pemimpin Melayani bukan Dilayani


Fokus
medan.com
: Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo perintahkan kepada jajarannya para kepala satuan mulai dari tingkat Polda sampai Mabes untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang memiliki sifat melayani, bukan dilayani.

“Kepemimpinan ini menjadi pemimpin yang melayani, bukan pemimpin yang dilayani,” kata Kapolri saat pengarahan dalam Rakor Anev Itwasum Polri 2021, dikutip merdeka.com dari channel youtube Divisi Humas Polri, Jumat (17/12).

Sehingga, Sigit meminta kepada jajaran Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri untuk mulai mengawasi para kepala satuan untuk memastikan postur kepemimpinan yang melayani mulai terwujud.

“Jadi tolong ini dibantu untuk mengawasi apakah di Polda-Polda, di Mabes, hal ini sudah berjalan. Ini adalah peran dari rekan,” kata Sigit.

Menurutnya, seorang pemimpin harus mampu memberikan pelayanan untuk mewujudkan visi misi organisasi termasuk mewujudkan Polri yang presisi. Salah satu caranya yakni, seorang kepala satuan harus sering terjun ke lapangan dan memahami kondisi anggotanya.

“Untuk bisa membawa dan mencapai visi dan misi organisasi seseorang pemimpin harus sering turun ke lapangan. Sehingga dia betul-betul memahami situasi yang terjadi di lapangan. Sehingga saat ambil keputusan maka keputusannya tidak salah,” katanya.

“Demikian juga pemimpin harus memahami kondisi anggotanya, kesulitannya, sehingga kemudian pada saat berikan penugasan kepada anggota tidak keliru,” tambahnya.

Oleh sebab itu, Sigit meminta kepada jajaran Itwasum untuk mengawasi seluruh tindakan para kepala satuan, termasuk mengawasi apabila ada gaya kepemimpinan yang keliru maupun menyimpang.

“Ini harus terus menerus diberikan pemahaman, sehingga level manajer sampai level tinggi bisa menyesuaikan ini. Tolong bantu untuk mengawasi budaya-budaya kepemimpinan yang keliru,” ucapnya.(yaya)