Sambut Nataru, 2 Desa di Namo Rambe Sudah Dialiri Listrik

Peresmian jaringan listrik dan penyalaan perdana pelanggan di Desa Namo Rambe. Ist

Fokusmedan.com : Setelah sekian lama hidup dalam kegelapan (tanpa listrik) kini warga desa Rumah Keben dan warga desa Uruk Gadeng dapat tersenyum bahagia merasakan aliran listrik di rumahnya masing-masing. Pasalnya, Rabu (15/12/2021), PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut) bersama dengan Pemerintah kabupaten Deli Serdang melakukan peresmian jaringan listrik dan
penyalaan perdana pelanggan di dua Desa tersebut.

Kegiatan peresmian ini dilaksanakan oleh General Manager PLN UIW Sumatera Utara, Pandapotan Manurung beserta Jajaran Manajemen, dan dihadiri Bupati Deli Serdang, H. Ashari Tambunan, Manager UP2K, Ramses Hutajulu, Manager UP3 Medan, Hariadi Fitrianto, Camat Namo Rambe, Amos F. Karo-karo, beserta warga desa Rumah keben dan warga desa uruk gadeng. Peresmian dilakukan dengan penekanan sirine oleh General Manager PLN bersama Bupati Deli Serdang.

Pada pelaksanaan peresmian, warga yang diwakilkan oleh tokoh masyarakat mengucapkan terima kasih kepada PLN dan Pemerintah Deli Serdang yang telah hadir dan mewujudkan keinginan warga untuk dapat menikmati listrik serta juga memilik akses jalan yang layak untuk dilewati kendaraan.

Pada kesempatan yang sama, Pandapotan mengatakan, terima kasih kepada warga serta Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang selama ini sudah membantu dalam penyelesaian listrik desa dan PLN berharap selama beroperasi nantinya juga tetap terus mendukung upaya PLN untuk menghadirkan listrik yang handal.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pemkab Deli serdangĀ  beserta warga Desa yang sudah membantu selama ini dalam pembangunan Lisdes sepanjang 1.065 kms untuk HUTM dengan 1 Gardu Distribusi 50 kVA dan HUTR sepanjang 4.180 kms dengan total investasi sebesar Rp985.813.543. Kami harap saat pemeliharaan nantinya kami diperbolehkan menebang pohon-pohon agar tidak mengganggu jaringan listrik,” ujar Pandapotan.

Pada acara tersebut juga, Bupati Deli Serdang menyampaikan permohonan maaf kepada warganya karena setelah 76 tahun merdeka, baru saat ini warganya bisa menikmati listrik tanpa harus ke Desa lain.

“Saya atas nama Pemkab Deli Serdang memohon maaf kepada warga disini karena baru saat ini bisa menghadirkan listrik. Kami pemerintah, bersama PLN akan terus berusaha untuk mewujudkan pemerataan dan menghadirkan listrik yang berkeadilan sosial” tutur Ashari.

Pemberian Bantuan Token Listrik Gratis dari PLN dan Bantuan dari Pemkab Deli Serdang
Setelah melakukan peresmian, PLN bersama Pemkab Deli Serdang juga memberikan bantuan untuk warga Sesa Rumah Keben dan Desa Uruk Gedang. PLN bersama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang memberikan bantuan berupa bingkisan bahan pokok kebutuhan harian, token listrik gratis, bedah rumah, bantuan kursi roda dan santunan anak yatim.

Pemberian bantuan token listrik gratis, langsung diisikan oleh Bupati Deli Serdang bersama GM PLN UIW Sumatera Utara pada salah satu rumah pelanggan di Desa Rumah Keben serta juga dilakukan peletakan batu pertama oleh Ashari Tambunan yang kemudian dilanjutkan Pandapotan Manurung sebagai simbolis untuk bantuan Bedah Rumah dari program Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.(ng)