7 Makanan Ini Bantu Peninggi Badan Anak

Ilustrasi makanan peninggi badan. Ist

Fokusmedan.com : Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya punya tubuh yang tinggi. Harus disadari ada makanan peninggi badan anak yang bisa dicoba untuk menambah tinggi badan anak.

Sementara 70-80 persen ahli mengungkapkan bahwa tinggi badan ditentukan oleh genetika. Sekitar 20 persen percaya bahwa faktor seperti nutrisi, kebiasaan, dan gaya hidup juga memengaruhi tinggi badan selama masa pertumbuhan.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa dimasukkan dalam makanan sehari-hari anak yang sedang tumbuh, yang membantu berkontribusi dalam meningkatkan Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) dan Faktor Pertumbuhan Seperti Insulin-1 (IGF-1).

Berikut ini makanan peninggi badan anak:

1. Telur
Mengutip Times of India di laman CNNIndonesia.com, Kamis (16/12/2021) telur adalah sumber protein, ribflavin, biotin, dan zat besi yang bisa membantu pertumbuhan berat badan anak. Anda bisa memasukkan putih telur ke dalam makanan sehari-hari.

2. Kedelai

Kedelai mengandung banyak protein yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan bermanfaat jadi makanan peninggi badan anak.

3. Sayuran hijau
Sayuran bukan cuma bermanfaat sebagai penambah serat. Sayuran hijau juga bermanfaat sebagai supply kalsium untuk anak. Kalsium dalam sayuran hijau juga akan membantu keseimbangan penyerapan tulang.

Hanya saja memang tak dimungkiri kalau anak-anak memang sulit untuk makan sayur.

5. Wortel
Wortel kaya dengan beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A.

6. Gandum utuh
Gandum utuh kaya akan vitamin B, magnesium, selenium, zinc, iron, dan juga kalsium. Berbagai kandungan ini akan membantu untuk membentuk kekuatan tulang.

7. Yogurt
Yogurt mengandung banyak nutrisi, protein, kalsium, vitamin D, dan seng yang unik. Probiotik juga sudah terbukti membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Jika anak tak suka yogurt, gantilah dengan keju yang mengandung protein, kalsium, dan vitamin D. Yogurt dan keju juga menjadi salah satu sumber makanan peninggi badan anak.(ng)