20/04/2024 8:55
NASIONAL

Kemenag Gandeng KPAI-Aparat Investigasi Pelecehan Seksual di Lembaga Pendidikan


Fokus
medan.com
: Kementerian Agama menggandeng Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dan aparat penegak hukum untuk menginvestigasi kasus pelecehan seksual di lembaga pendidika, agar persoalan yang sedang dihadapi bisa segera selesai.

“Kita kerja sama dalam proses investigasi ini bersama KPAI, aparat, dan pihak lainnya,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Cirebon, Selasa, saat meresmikan prodi siber PAI IAIN Cirebon dilansir Antara, Selasa (14/12).

Menurutnya investigasi yang dilakukan kepada sekolah berasrama atau “boarding school” perlu dilakukan. Sebab, kejadian serupa yang terjadi di Bandung, bisa saja terjadi di tempat lainnya.

Untuk itu kerja sama antar lembaga lanjut Menag Yaqut perlu dilakukan, agar kasus serupa bisa terkuak, dan diharapkan tidak ada lagi kasus serupa.

“Saya sudah memerintahkan kepada seluruh jajaran untuk melakukan investigasi kepada sekolah-sekolah seperti ‘boarding scholl’,” tuturnya.

Menag menambahkan kasus kekerasan seksual maupun pelecehan seksual tentu tidak baik bagi anak bangsa dan agama, apalagi kasus tersebut dilakukan oleh pemimpin lembaga pendidikan yang mengatasnamakan agama.

“Ini bukan hanya merugikan Islam, tetapi juga bagaimana anak yang menjadi korban, keluarganya kasihan sekali,” katanya.

Selain itu Kemenag juga akan lebih memperketat perizinan operasional “boarding scholl” dan sejenisnya, agar kejadian tersebut tidak lagi terulang.

“Kami akan perbaiki mekanisme izin operasional ‘boarding scholl’. Tidak boleh rekomendasi yang muncul dari Kementerian Agama itu hanya berupa kertas, harus datang lihat, dan saksikan kemudian keluar izin,” ujarnya.(yaya)