Berhasil Wujudkan Kemitraan Seimbang, KPPU Beri Penghargaan ke Pemprov Sumut

Pemprov Sumut menerima penghargaan pratama kategori pengawasan kemitraan tingkat daerah. Ist

Fokusmedan.com : Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) kembali menggelar penganugerahan KPPU Award untuk kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk dua kategori yakni kategori persaingan usaha dan kategori kemitraan.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin didampingi Wakil Ketua KPPU R.I Guntur Syahputra Saragih di Hotel Pullman Jakarta, Selasa (14/12/2021).

Pada ajang tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menerima penghargaan pratama untuk kategori pengawasan kemitraan tingkat daerah. Penghargaan tersebut diterima oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah.

“Ini jadi motivasi bagi Sumatera Utara, untuk terus berperan serta dalam pengawasan persaingan usaha dan kemitraan serta jadi momentum untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang baik sehingga akan semakin banyak muncul entrepreneur baru dalam UMKM, menengah hingga skala besar dan berujung pada keyakinan pasar dan kenyamanan investor datang ke Sumut sehingga mendukung upaya untuk memulihkan perekonomian nasional,” ujar Musa Rajekshah.

Wakil Ketua KPPU Guntur S. Saragih, menekankan pentingnya persaingan usaha dalam pemulihan ekonomi ke depan. Sejalan dengan pesan Presiden Jokowi minggu lalu yang menyatakan bahwa globalisasi telah melahirkan dunia yang diwarnai kompetisi super ketat.

Sementara itu wakil Presiden Ma’ruf Amin menenkankan bahwa persaingan sehat dibutuhkan untuk mencegah agar tindakan negara atas sektor atau pelaku usaha tidak mengarah kepada konsentrasi pasar yang tinggi paska pemulihan. Wakil Presiden juga menekankan bahwa peran KPPU sangat penting untuk mengingatkan Pemerintah dalam pengambilan kebijakannya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala KPPU Kantor Wilayah I, Ridho Pamungkas menuturkan kerja sama antara KPPU dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara baik di bidang persaingan usaha maupun pengawasan kemitraan telah berjalan dengan baik.

“Kami perlu terus bersinergi dengan Pemprov Sumut demi mewujudkan iklim persaingan sehat dan kemitraan seimbang khususnya di Sumatera Utara,” jelas Ridho.

Secara keseluruhan, dalam ajang ini KPPU memberikan penghargaan kepada 11 Kementerian dan 9 Pemerintah Provinsi yang memiliki kinerja terbaik dalam pelaksanaan kebijakan persaingan dan pelaksanaan Kemitraan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.(ng)