9 Kabupaten/Kota di Sumut Masuk Daftar Pelaksana Vaksinasi Anak 6-11 Tahun


Fokusmedan.com : Sebanyak sembilan Kabupaten/Kota di Sumut masuk dalam pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut drg Ismail Lubis keada wartawan, Selasa (14/12/2021).

“Ini berdasarkan keputusan Menkes Nomor: SR.01.02/4/ 3309 /2021, tanggal 13 Desember 2021,” sebutnya.

Ia menjelaskan, nantinya daerah launching akan dilaksanakan di Kabupaten Karo, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara.

“Hanya saja, alokasi vaksin yang akan disuntikkan belum masuk. Meski begitu, kita sudah berkoordinasi dengan Badan Intelijen Nasional (BIN) untuk memperoleh vaksin. Ini sedang dipersiapkan semuanya ya,” ungkapnya.

Salah satu persyaratan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun ini, lanjutnya, dimulai pada kabupaten/kota yang telah mencapai cakupan lebih dari 70 persen untuk vaksinasi dosis pertama. Kemudian, cakupan vaksinasi pada kelompok lanjut usia mencapai lebih dari 60 persen.

“Hal itu berdasarkan data dashboard KPC PEN sampai dengan tanggal 7 Desember 2021,” terangnya.

Kendati begitu, daerah yang baru mencapai kriteria tersebut dapat memulai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun sesuai ketersediaan vaksin.

Berikut sembilan Kabupaten/Kota itu, papar Ismail adalah Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Pematangsiantar dan Sibolga.

Terpisah, dalam siaran persnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana menyatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan sosialisasi dan launching vaksin anak di Kota Sibolga, Kabupaten Karo dan Tapanuli Utara.

“Harapan kita, dengan launching di tiga Kabupaten/Kota hari ini, semua masyarakat di Kabupaten/Kota lainnya, dapat mempersiapkan anak-anak kita usia 6-11 tahun untuk menjalani Vaksinasi. Khusus bagi enam Kabupaten/Kota lainnya di Sumut, yang termasuk dalam surat keputusan Menteri Kesehatan, untuk dapat segera memulai melaksanakan vaksinasi anak ini,” pungkasnya.(riz)