Kemenkes : Vaksinasi Covid Anak 6-11 Tahun Dimulai Besok

Ilustrasi vaksinasi anak. iStock

Fokusmedan.com : Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan program vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun bakal digelar mulai Selasa (14/12/2021) esok.

Maxi menyebut vaksinasi Covid-19 pada anak bakal digelar secara bertahap, dimulai dengan beberapa daerah yang bakal melaksanakan vaksinasi pada esok hari.

“Kami harapkan hari Selasa (14/2) sudah dilakukan kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan dan selanjutnya program vaksinasi secara bertahap sampai tahun depan akan kita lakukan bertahap pada semua anak usia 6-11 tahun,” kata Maxi dikutip CNNIndonesia.com, Senin (13/12/2021).

Berdasarkan data Kemenkes, sebanyak 26,8 juta anak usia 6-11 tahun bakal diberikan vaksin Covid-19 secara bertahap. Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis satu di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen.

Beberapa kabupaten/kota yang telah mencapai kriteria tersebut tersebar di Banten, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

“Ada 6,4 juta dosis untuk Desember ini [dibagikan ke daerah tersebut] dan akan ada tambahan Januari 2022 vaksin Sinovac dari Dirjen Farmalkes dan sudah datang,” kata Maxi.

Sementara tempat pelaksanaan vaksinasi rencananya akan dilakukan di Puskesmas, rumah sakit, atau pelayanan kesehatan lainnya, termasuk pos pelayanan vaksinasi di tingkat RT/RW.

“Kami juga harap pos pelayanan vaksinasi di sekolah atau satuan layanan pendidikan lainnya atau lembaga kesejahteraan sosial anak seperti panti asuhan,” tutur Maxi.(ng)