Jerman Kembali “Diserang” Covid-19, Angka Kematian Tinggi

Angka kematian Covid-19 di Jerman meledak. Ist

Fokusmedan.com : Angka kematian harian akibat Covid-19 di Jerman kembali ‘meledak’ per Rabu (8/12/2021).

Berdasarkan data dari Robert Koch Institute (RKI), total jumlah kematian di negara itu akibat Covid-19 mencapai 527 orang dalam 24 jam. Adapun angka positif harian mencapai 69.601 pasien.

Mengutip dari CNN, angka kematian harian akibat Covid-19 merupakan yang tertinggi di Jerman sejak 13 Februari. Saat itu angka kematian pasien Covid-19 tembus 534 orang.

Angka positif di Jerman sendiri dalam sepekan terakhir mengalami penurunan. Namun, tetap dalam kategori yang tinggi yakni 427 kasus per 100 ribu penduduk.

Jerman kini telah mencatat total 104.047 kematian akibat Covid-19 sejak pandemi Covid-19.

Banyak rumah sakit di Jerman mulai kewalahan menampung pasien Covid-19 terutama di unit rawat intensif (ICU) karena lonjakan angka positif Covid-19.

Angka kematian akibat Covid-19 di Jerman melonjak berbarengan dengan pelantikan Olaf Scholz sebagai Kanselir Jerman menggantikan Angela Merkel. Jerman juga menetapkan ahli epidemiologi Karl Lauterbach sebagai menteri kesehatan yang baru.

Jerman juga telah menerapkan pembatasan nasional untuk yang tidak divaksin. Pemerintah melarang warga yang tidak divaksin masuk ke akses publik, kecuali di sektor esensial seperti supermarket dan apotek. Larangan itu tak berlaku bagi mereka yang baru sembuh dari Covid-19.

Pemerintah juga merencanakan vaksinasi wajib dalam beberapa bulan ke depan. Penerapan itu bakal berlaku pada Februari jika parlemen Jerman menyetujui program tersebut.(ng)