18/04/2024 10:39
FOKUS MEDAN

Imigran di Medan Ikuti Vaksinasi Covid-19

Ist/fokusmedan.com

Fokusmedan.com – Para imigran yang berada di Kota Medan melaksanakan vaksinasi tahap pertama. Vaksinasi ini dilakukan oleh Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota (Pemko) Medan, Rabu (8/12).

Dari pantauan tempat dilaksanakannya vaksinasi yang berlangsung disalah satu hotel yang berada di Jalan dr. Mansyur Medan para imigran dari berbagai camp yang ada di Kota Medan datang dengan mematuhi protokol kesehatan untuk melaksanakan vaksinasi.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Mutia Nimpar mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini dilaksanakan dalam satu hari.

“Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan satu hari ini saja,” katanya kepada wartawan.

Mutia menuturkan bahwa sebanyak 1.300 pengungsi yang ada di Medan disuntik vaksin dengan jenis Pfizer.

“Hari ini kita vaksinasi untuk kelompok yang rentan termasuk imigran yang dinaungi oleh IOM ada 1.300 yang hari ini dilakukan vaksinasi jenis pfizer,” tuturnya.

“Kenapa Jenis pfizer?, ini lebih diakui untuk internasional sementara pengungsi ini kan dari berbagai negara,” sambung Mutia.

Dalam vaksinasi ini, kata Mutia bahwa Dinkes Medan menurun enam tim untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut. Di mana, sampai saat ini vaksinasi masih berjalan dengan aman tanpa kendala.

“Ada enam tim yang kita turunkan dalam pelaksanaan vaksinasi ini. Di mana, tim ini dari puskesmas yang ada di kawasan tempat berlangsungnya vaksinasi,” terangnya.

Mutia menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan dengan sistem smart chaking yang telah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia.

“Ini dari berbagai pengungsi yang ada di Medan dibawah naungan IOM itu yang kita vaksin dan vaksinasi ini dilakukan dengan smart chaking khusus untuk warga negara asing dan ini langsung berkoordinasi dengan pihak kemenkes,” jelasnya.

Sementara itu, terkait imigran anak-anak yang ada di beberapa camp di Kota Medan, Mutia menambahkan bahwa mereka juga akan dilakukan vaksinasi. Namun, mereka masih menunggu dari pusat.

“Untuk anak-anak masih menunggu instruksi dari Kemenkes,” tambahnya.

 

(Rio)