Kasus Varian Omicorn Belum Ditemukan di Sumut


Fokus
medan.com
: Meski varian baru Covid-19 yang dikenal dengan istilah Omicron sudah ditemukan di sejumlah negara, namun untuk wilayah Sumut belum terdeteksi keberadaannya.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) drg Ismail Lubis melalui Sekretaris Dinkes Sumut dr Aris Yudhariansyah kepada wartawan, Senin (29/11/2021).

“Sampai sejauh ini Covid-19 jenis itu (Omicron) belum ada kita temukan,” sebutnya.

Ia menjelaskan, varian B.1.1.529 ini digolongkan ke dalam kategori variant of concern (Voc), karena kemampuan penularannya yang dianggap lebih cepat.

“Varian baru Covid-19 ini memang terus bermunculan. Diantaranya, varian Delta Plus AY.4.2, varian Mu, varian Covid-19 India atau B.1.617 dan sebagainya,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, masyarakat diimbau mewaspadai penularan Covid-19 dengan tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Terutama selalu gunakan masker, rajin mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, hindari kerumunan dan kurangi mobilitas, di samping juga mengikuti vaksinasi Covid-19.(riz)