Puluhan Penumpang dari Afrika Selatan Tiba di Belanda Positif Covid-19

Belanda sebut puluhan penumpang dari Afrika terpapar Covid-19. AP

Fokusmedan.com : Otoritas kesehatan Belanda mengatakan 85 orang yang tiba di Amsterdam dengan dua penerbangan dari Afrika Selatan kemungkinan besar terinfeksi Covid-19 pada Jumat (26/11) waktu setempat.

Menurut laporan Reuters, puluhan orang yang kemungkinan terpapar Covid-19 itu sedang melakukan pengujian lebih lanjut untuk melihat apakah mereka terinfeksi dengan Covid-19 varian Botswana atau Omicron yang baru ditemukan.

“Wisatawan dengan hasil tes positif akan ditempatkan dalam isolasi di sebuah hotel dekat Bandara Schipol (Amsterdam),” kata otoritas kesehatan dalam pernyataan resmi.

Penumpang di dua penerbangan itu mengatakan terus menunggu di landasan selama berjam-jam.

“Tepuk tangan meriah karena ada bus yang datang membawa kami ke suatu tempat,” kata jurnalis New York Times Stephanie Nolen, seorang penumpang penerbangan dari Johannesburg.

Seorang juru bicara otoritas kesehatan di Kennemerland, salah satu wilayah di Belanda yang mengawasi Bandara Schipol mengatakan pihaknya sedang menganalisa kasus positif. Pemeriksaan tepatnya dilakukan di rumah sakit medis akademik Belanda.

Setelah itu, pemerintah Belanda mengumumkan penutupan bar, restoran, dan sebagian besar toko pada Jumat malam. Hal ini seiring dengan lonjakan kasus di Belanda beberapa hari terakhir.

Sementara, pemerintah Belanda juga melarang seluruh perjalanan udara dari Afrika Selatan. Menteri Kesehatan Hugo de Jonge mengatakan penumpang yang sudah dalam perjalanan ke Belanda harus menjalani pengujian dan karantina pada saat kedatangan.(ng)