Berkendara Sambil Main HP, Simak Ini Bahayanya


Fokus
medan.com
: Tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, namun saat ini handphone telah menjelma menjadi kebutuhan pokok. Saking krusialnya, bahkan handphone kini diperlakukan layaknya dompet. Dimana dahulu, orang akan panik ketika dompetnya ketinggalan di rumah. Namun sekarang, orang akan lebih panik jika handphone nya yang ketinggalan dan menyebabkan “mati gaya”.

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan bahwa sebenarnya tidak masalah jika digunkanan untuk hal yang produktif dan bermanfaat. Namun akan menjadi masalah ketika kebiasaan menggunakan handphone itu terbawa bahkan ketika sedang mengendarai motor. Menurutnya resiko yang ditimbulkan juga bukan hanya dari panggilan telepon, mengirim atau membaca pesan saja, namun mendengarkan musik dan alat bantu navigasi pun punya tingkat risiko kecelakaan.

Berikut potensi bahaya berkendara sambil main handphone :

1. Memecah Konsentrasi
Pertama, Berbicara melalui sambungan handphone saat berkendara dapat memecah konsentrasi pengendara, sekalipun sudah menggunakan alat bantu handsfree. Dimana pengendara tidak bisa menyesuaikan interaksi nya dengan keadaan di sekitar sehingga fokus pengendara akan terpecah. Selain itu, informasi yang diterima melalui pembicaraan di sambungan handphone juga akan mengganggu konsentrasi berkendara. Apa lagi saat menerima kabar buruk.

2. Kemampuan Pengendalian Berkurang
Mengoperasikan handphone untuk menelepon atau membaca pesan sambil berkendara sepeda motor dengan satu tangan itu tentunya sangat berbahaya sekali. Selain menurunkan konsentrasi, hal tersebut juga menurunkan kemampuan si pengendara mengendalikan sepeda motor, akibatnya pengendara dapat berpotensi besar terjatuh bila melakukan pengereman karena stang kemudi hanya dikendalikan dengan satu tangan.

3. Pendengaran Berkurang
Mendengarkan musik saat berkendara memang sangat menyenangkan. Tetapi ingat ada risiko terjadinya kecelakaan yang mengintai disebabkan konsentrasi berkendara terpecah akibat tidak mendengar informasi dari pengendara sekitar, sehingga refleks saat menghadapi situasi yang datang mendadak akan berkurang.

4. Mengundang kejahatan
Selain berpotensi mengalami kecelakaan, menggunakan handphone sambil berkendara juga bisa mengundang tindak kejahatan seperti halnya penjambretan, kondisi tersebut tentunya semakin memudahkan pelaku kejahatan dalam menjalankan aksinya karena adanya kesempatan.

“ Keselamatan harus menjadi prioritas utama dalam berkendara. Sebisa mungkin hindari hal-hal yang dapat berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan yang fatal. Akan lebih baik #Cari_Aman saja, kalaupun terpaksa harus menggunakan handphone, sebaiknya menepi dahulu di tempat yang ramai dan aman, karena kita tidak akan menemukan hal berharga dalam hidup sebelum #cari_aman saat naik motor, “ ujar Sofiyan Hazri.(ril)