Drainase Meluap, Ratusan Rumah di Medan Terendam Banjir

Ratusan rumah warga di Medan kebanjiran. Ist

Fokusmedan.com : Hujan deras yang mengguyur kota Medan, Selasa (23/11/2021) malam mengakibatkan ratusan rumah warga kebanjiran.

“Penyebab banjir karena curah hujan cukup tinggi yang menyebabkan luapan drainase air,” kata Manajer Pusdalops BPBD Medan Ronald F Sihotang, Rabu (24/11/2021).

Ia mengatakan adapun lokasi pemukiman warga yang tergenang air yakni Jalan Perjuangan Lingkungan XIII dan Lingkungan XIX Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal.

“Jumlah keseluruhan terdampak banjir Perjuangan Lingkungan XIII dan Lingkungan XIX Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal sebanyak 282 rumah 296 KK, 1122 jiwa,” kata Ronald.

Hingga pagi ini kondisi banjir di lokasi sudah surut dan warga yang sempat mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing serta sebagian warga dapat membersihkan rumahnya.

Ronald melanjutkan banjir juga merendam pemukiman warga di Jalan Sakura Indah Lingkungan I Kelurahan Tanjung Selamat Kecamatan Medan Tuntungan.

“Total terdampak banjir di Jalan Sakura Indah Lingkungan I Kelurahan Tanjung Selamat Kecamatan Medan Tuntungan sebanyak 70 rumah 70 KK, 260 jiwa. Kondisi saat ini banjir sudah surut, warga sudah kembali ke rumah,” ucapnya.

BPBD Medan, kata Ronald telah melakukan serangkaian tahapan penanganan bencana mulai dari melakukan pemantauan dan pendataan di lokasi banjir, mempersiapkan peralatan evakuasi untuk masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

“Mempersiapkan peralatan dan bantuan terkait penanganan tanggap bencana banjir,” kata Ronald.

Pihaknya juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap siaga dan segara mencari tempat dataran tinggi apabila terjadi kenaikan debit air secara tiba-tiba.(Rio)