19/04/2024 22:40
NASIONAL

Bakamla RI dan Turkish Coast Guard Sepakati Kerja Sama di Bidang Keamanan Maritim


Fokus
medan.com
: Bakamla RI memenuhi undangan Turkish Coast Guard ke Markas Besarnya di Ankara, Turki, Sabtu (20/11). Dikutip dari siaran pers yang diterima Minggu (21/11), Kepala Bakamla RI Laksdya TNIĀ Aan Kurnia bertemu Kepala Turkish Coast Guard Rear Admiral Asmet Kendir. Keduanya melakukan penandatanganan Agreed Minutes.

Bakamla RI dan Turki menghadapi tantangan yang sama. Memiliki choke point strategis yaitu Selat Bosphorus di Turki dan Selat Malaka serta Selat Sunda di Indonesia. Tantangan lainnya, sama-sama memiliki tingkat penyelundupan dan angka kecelakaan laut yang tinggi.

Kesamaan ini yang melandasi kedua pimpinan lembaga untuk bertemu dan menandatangani Agreed Minute of Meeting. Isinya, kesepakatan kedua Kepala Lembaga Coast Guard untuk meningkatkan dan saling membina hubungan melalui sejumlah kegiatan peningkatan kapasitas dan berbagi pengetahuan.

Rombongan Bakamla RI menerima presentasi tentang Organisasi Turkish Coast Guard dan perannya dalam menjaga keamanan dan keselamatan maritim Turki. Kunjungan ini ditutup dengan peninjauan Command Center Turkish Coast Guard.

Dalam courtesy call ke Mabes Turkish Coast Guard, Kepala Bakamla RI didampingi jajarannya, antara lain Direktur Latihan Laksma Bakamla Bambang Irawan, Laksma Bakamla Phundi Rusbandi, Kabag Humas Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, dan Atase Pertahanan Turki Kolonel Inf Saifullah.(yaya)