Ratusan Vaksin Covid-19 di Polman Kedaluwarsa, Bakal Dimusnahkan

Ratusan vaksin Covid-19 di Polman kedaluwarsa. Kompas.com

Fokusmedan.com : Ratusan dosis vaksin Covid-19 di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat akan dimusnahkan dengan alat penghancur limbah medis. Vaksin merek SinoVac, AstraZeneca, dan Moderna itu terbuang karena sudah kedaluwarsa atau rusak setelah lama tidak terpakai.

Kepala Dinas Kesehatan Polewali Mandar Andi Suaib Nawawi mengatakan, sebagian vaksin yang akan dibuang sudah kedaluwarsa sejak Mei 2021.

Namun, dia tidak mengungkapkan secara detil jumlah vaksin yang bakal dibuang.

Menurut Andi Suaib, satu botol vaksin yang digunakan harus dihabiskan dalam enam jam, jika masih tersisa tidak bisa digunakan lagi.

“Salah satu kendalanya karena tidak semua vaksin yang dibuka di setiap gerai vaksin itu langsung habis, jika disimpan melebihi enam jam itu bisa rusak,” kata Andi Suaib di Polewali Mandar dikutip Kompas.com, Rabu (17/11/2021).

Dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 massal di Polewali Mandar, kata Andi Suaib, jumlah warga yang datang sering kali lebih sedikit dari vaksin tersedia.

Akibatnya, ada saja satu botol vaksin yang tersisa isinya. Dia menyatakan, dalam satu botol vaksin biasanya berisi 10 dosis.

Saat ini, ratusan vaksin yang bakal dibuang itu masih disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Polewali Mandar dan sejumlah Puskesmas.(ng)