Angin Kencang Rusak 15 Rumah Warga di Sinjai


fokus
medan.com
: Sebanyak 15 rumah rusak akibat angin kencang di Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (16/11) pukul 23.30 WIB.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, angin kencang terjadi setelah Sinjai diguyur hujan.

“Terdapat 15 KK yang terdampak,” ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai menjelaskan, dari total 15 rumah rusak, delapan di antranya rusak berat. Kemudian tiga rumah rusak sedang dan empat rumah rusak ringan.

Warga yang terdampak angin kencang ini bermukim di Desa Pulau Padaelo, Kecamatan Pulau Sembilan. Hingga kini, tidak ada korban jiwa.

Menurut BPBD Kabupaten Sinjai, kebutuhan mendesak masyarakat saat ini yaitu terpal. Para warga berinisiatif menutupi atap rumah mereka untuk menghindari kerusakan perabot dan lantai rumah akibat hujan.

Merujuk hasil analisa InaRISK, Kabupaten Sinjai memiliki potensi risiko cuaca ekstrem dengan kategori sedang hingga tinggi. BNPB mengimbau masyarakat melakukan mitigasi bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana hidromeorologi yang dipicu faktor cuaca.(yaya)